STRATEGI BAURAN PEMASARAN WIRAUSAHAWAN BATIK PEKALONGAN

NINGRUM, Indra Puspita (2008) STRATEGI BAURAN PEMASARAN WIRAUSAHAWAN BATIK PEKALONGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
F100030104.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)

Abstract

Salah satu kendala yang dihadapi oleh wirausahawan batik di Pekalongan yaitu masalah pemasaran. Namun pada kenyataannya hampir 75% batik yang dipasarkan di Solo, Yogyakarta dan Pasar Tanah Abang disuplai dari Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh wirausahawan batik Pekalongan untuk menarik konsumen sebanyak mungkin sehingga usahanya dapat mencapai kesuksesan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 wirausahawan batik di Pekalongan. Pengambilan subjek diperoleh dengan cara purposive sampling yaitu dipilih berdasarkan kriteria tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi sedangkan analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek menerapkan prinsip 4 P untuk mempengaruhi konsumen agar membeli batiknya. Dalam hal produk, subjek memilih merek yang mudah diingat oleh konsumen, menawarkan batik dengan berbagai macam motif yaitu motif-motif tradisional dan menciptakan motif-motif baru sesuai dengan keinginan pasar, warna batik disesuaikan dengan ciri khas warna batik Pekalongan yang cerah tetapi juga mengikuti selera pasar, menjaga kualitas jahitan dan kualitas kain, subjek juga memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen. Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam keputusan menetapkan harga yaitu harga bahan baku, pesaing dan permintaan. Usaha yang dilakukan untuk mempromosikan batik yaitu dengan menawarkan ke toko-toko, mengikuti pameran-pameran dan memasang iklan di surat kabar. Proses pendistribusian dilakukan dengan beberapa cara yakni langsung didistribusikan ke konsumen pemakai, melalui perantara yaitu toko-toko baik di Pekalongan maupun di luar kota Pekalongan dan broker.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bauran pemasaran, produk, harga, promosi, distribusi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 25 May 2009 05:45
Last Modified: 17 Nov 2010 05:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1540

Actions (login required)

View Item View Item