STUDI KRITIS PENYELENGGARAAN SEKOLAH SISTEM FULL DAY (STUDI KASUS DI SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2006/2007)

WAHYUNINGSIH, FARAH DYAH (2007) STUDI KRITIS PENYELENGGARAAN SEKOLAH SISTEM FULL DAY (STUDI KASUS DI SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2006/2007). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Halaman_Depan.pdf

Download (222kB)
[img]
Preview
PDF
Bab_I.pdf

Download (62kB)
[img] PDF
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF
Daftar_Pustaka.pdf

Download (36kB)
[img] PDF
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)

Abstract

Salah satu faktor yang menyebabkan kurang optimalnya penerapan nilai-nilai Islami kepada para anak didik (siswa) adalah adanya pemberian mata pelajaran agama Islam yang kurang efektif, baik dilihat dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode pendidikan yang setidaknya dapat mengurangi permasalahan ini. Sekolah dengan penerapan sistem full day (sehari penuh) adalah salah satu metode baru yang menjadi alternatif bagi orang tua yang ingin agar anaknya mendapatkan sarana untuk mengembangkan segala potensinya, karena sekolah dengan sistem ini memadukan pembelajaran yang terpadu (perpaduan pendidikan Islam dan umum). Tetapi di sisi lain, seorang anak akan memiliki beban yang lebih banyak dan berbagai permasalahan secara tidak langsung akan menyertainya. Alasan inilah yang mendorong penulis untuk mengangkat tema tersebut dengan mengambil judul “Studi Kritis Penyelenggaraan Sekolah Sistem Full Day (Studi Kasus di SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007)”. Dalam penulisan skripsi ini hal yang akan dikaji adalah tentang bagaimana pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan penerapan sistem full day, mengingat bahwa hanya beberapa sekolah yang menerapkan sistem ini serta kelebihan dan kelemahan dari penerapan sistem full day tersebut. Jenis penelitian skripsi ini apabila dilihat dari segi tempat penelitiannya adalah termasuk penelitian lapangan. Sedangkan bila dilihat dari segi pendekatannya adalah penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam skripsi ini adalah sumber data primer, sumber data sekunder dan menggunakan snowball sampling, yaitu cara pengambilan sampel yang dilakukan secara berantai, mulai dari ukuran sampel yang kecil, makin lama menjadi semakin besar seperti halnya bola salju yang menggelinding menuruni lereng gunung atau bukit. Sedangkan dalam metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dan dilanjutkan dengan analisis SWOT. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah metode induktif. Dari analisis data, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan penerapan sistem full day di SDIT Nur Hidayah Surakarta berjalan dengan cukup baik. Dalam penerapan sistem full day tersebut terdapat kelebihan dan kelemahan. Kelemahan tersebut, antara lain siswa memiliki beban belajar yang lebih banyak, kurikulum yang ada belum tertata dengan rapi. Sedangkan kelebihannya adalah penerapan sistem full day bersifat menyenangkan dan variatif, siswa lebih berprestasi secara moral dan akademik. Dari kesimpulan analisis data di atas, saran yang dapat penulis berikan, antara lain adanya evaluasi kembali tentang waktu dan bentuk pengkondisian siswa baru, adanya peningkatan kerja sama antara orang tua dengan sekolah untuk mengiringi siswa dalam belajar dan adanya penambahan kreativitas guru dalam mengajar, mendidik dan membina siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ...
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 10 Nov 2011 08:59
Last Modified: 03 Mar 2012 05:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15393

Actions (login required)

View Item View Item