Pengaruh Pemanbahan Ekstrak Air dari Gambir Terhadap Kadar Gula Reduksi, Derajat Keasaman (pH) dan Total Asam Air Kelapa Selama Penyimpanan Suhu Dingin

Astuti, Ema Puji (2011) Pengaruh Pemanbahan Ekstrak Air dari Gambir Terhadap Kadar Gula Reduksi, Derajat Keasaman (pH) dan Total Asam Air Kelapa Selama Penyimpanan Suhu Dingin. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.PDF

Download (400kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__I.PDF

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKa.PDF

Download (42kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)

Abstract

air kelapa memiliki komponen zat gizi yang beragam, seperti protein. vitamin, mineral, gula dan senyawa elektrolot. Air kelapa merupakan bahan pangan yang nudah mengalami kerusakan akibat aktivitas mikroba. Penambahan ekstrk gambir Penambahan ekstrak gambir sebagai sumber polifenol alami yang memiliki sifat antioksidan dan antimikroba merupakan upaya untuk mempertahankan zat gizi air kelapa dari kerusakan sifat kimia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak air kelapa dari gembir terhadap kadar gula reduksi, derajat keasaman {pH) dan total asam air kelapa terhadap penyimpanan suhu dimgin. Rancangan penelitian menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) yang didasarkan atas konsentrasi ekstrak air fari gambir (0%, 0.5% dan 0.3%) dan lama penyimpanan (0, 2, 4 dan 6 hari). Kadar gula reduksi air kelapa dianilis dengan metode Nelson-Somogy, pH air kelapa diukur dengan pH meter dan total asam air kelapa dianalisis dengan metode Asidi-Alkali metri. Data analisis menggunakan Anova satu arah dan Anova dua arah. Perbedaan yang nyata dianalisis dengan DMRT (duncan Multiple Range Test) pada tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan ekstrak air dari gambir 0% memberikan stabilitas terhadap kadar gula reduksi air kelapa selaman penyimpanan 6 hari. Penambahan ekstrak air dari gambir 0,3% memberikan stabilitas tertinggi terhadap pH air kelapa selama penyimpanan 6 hari. Penambahan ekstrak dari gambir dari 0% memberikan stabilitas tertinggi terhadap total air kelapa selama penyimpanan 2 hari. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui pengaruh penambhan ekstrak air dari gambir terhadap zat gizi mikro pada air kelapa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RAK J310/2011-019
Uncontrolled Keywords: Gambir, air kelapa, gula reduksi, pH dan total asam
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Nov 2011 07:23
Last Modified: 14 Sep 2022 06:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15385

Actions (login required)

View Item View Item