UJI ANTIPIRETIK INFUSA DAUN KEMANGI (Ocimum sanctum L.) TERHADAP MENCIT JANTAN GALUR Swiss YANG DIINDUKSI VAKSIN TETANUS TOKSOID

SETYOWATI, SRI (2007) UJI ANTIPIRETIK INFUSA DAUN KEMANGI (Ocimum sanctum L.) TERHADAP MENCIT JANTAN GALUR Swiss YANG DIINDUKSI VAKSIN TETANUS TOKSOID. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
hal_depan.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
bab_1.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Isi)
daftar_isi.pdf

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)

Abstract

Demam adalah suatu perubahan pada mekanisme pengaturan suhu badan yang mengakibatkan naiknya temperatur badan di atas temperatur normal. Secara empirik tanaman kemangi mempunyai khasiat sebagai penurun demam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah infusa daun kemangi mempunyai daya atau kemampuan menurunkan suhu tubuh mencit yang telah diinduksi dengan vaksin tetanus toksoid 0,3 ml/23,67 gBB secara intraperitonial. Penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian eksperimental dengan rancangan acak lengkap pola searah. Penelitian ini mengunakan 25 ekor mencit jantan yang dibagi dalam 5 kelompok terdiri dari 5 ekor. Kelompok I kontrol negatif mendapat perlakuan Water For Injection (WFI) 0,5 ml/20 gBB, kelompok II, III, dan IV mendapat perlakuan infusa daun kemangi dengan dosis masing – masing 1,25 g/kgBB, 2,5 g/kgBB dan 5 g/kgBB, kelompok V kontrol positif mendapat perlakuan parasetamol dosis 65 mg/kgBB (p.o). 60 menit sebelum perlakuan, diinduksi dengan vaksin tetanus toksoid 0,3 ml/23,67 gBB (i.p) sebagai penginduksi demam. Pengukuran suhu rektal dilakukan tiap 30 menit, selama 210 menit dengan mengunakan termometer digital. Data yang diperoleh dihitung selisih penurunan suhu dan % daya antipiretik pada menit ke- 60, kemudian dianalisis mengunakan uji statistik ANAVA Satu Jalan, dan dilanjutkan uji Tukey HSD dengan taraf kepercayaan 95 %. Infusa daun kemangi (Ocimum sanctum L.) 20 % dosis 5 g/kgBB memberikan daya antipiretik yang sebanding (p > 0,05) dengan parasetamol dosis 65mg/kg BB terhadap mencit jantan galur Swiss yang telah diinduksi demam dengan vaksin tetanus toksoid 0,3 ml/23,67 gBB (i.p).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemangi ( Ocimum sanctum L. ), antipiretik, vaksin tetanus toksoid.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 04 Nov 2011 10:40
Last Modified: 04 Nov 2011 10:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15372

Actions (login required)

View Item View Item