UJI SITOTOKSIK FRAKSI POLAR EKSTRAK METANOL KULIT BATANG KAMBONG (Dipterocarpus validus Blume) TERHADAP SEL HeLa DAN PROFIL KROMATOGRAFI LAPIS TIPISNYA

DEWI, SANTI PURNA (2007) UJI SITOTOKSIK FRAKSI POLAR EKSTRAK METANOL KULIT BATANG KAMBONG (Dipterocarpus validus Blume) TERHADAP SEL HeLa DAN PROFIL KROMATOGRAFI LAPIS TIPISNYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
hal_depan.pdf

Download (134kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
bab_1.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Isi)
daftar_isi.pdf

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)

Abstract

Kanker leher rahim merupakan jenis kanker yang menduduki urutan pertama dari seluruh angka kejadian kanker di Indonesia. Banyak penelitian dilakukan untuk memperoleh senyawa-senyawa baru yang memiliki aktivitas antikanker, terutama yang berasal dari tumbuhan. Salah satu tumbuhan yang telah diteliti adalah famili Dipterocarpaceae. Senyawa hasil isolasi dari kulit batang Dipterocarpus hasselti blume (Dipterocarpaceae) memiliki efek sitotoksik terhadap sel murin leukemia P- 388. Penelitian ini dilakukan untuk memisahkan fraksi polar dari ekstrak metanol kulit batang kambong (Dipterocarpus validus Blume), menentukan harga IC50, dan mengidentifikasi kandungan kimia dalam fraksi polar ekstrak metanol kulit batang kambong. Penyarian dilakukan dengan metode maserasi (3 x @ 24 jam) menggunakan pelarut metanol kemudian dilanjutkan fraksinasi untuk mendapatkan fraksi polar dengan metode Kromatografi Cair Vakum (KCV) menggunakan pelarut n-heksana : etilasetat (2:8). Pengaruh pemberian fraksi polar ekstrak metanol kulit batang kambong terhadap sel HeLa diamati dengan potensi penghambatannya (IC50). IC50 dihitung menggunakan analisis probit. Uji sitotoksik dilakukan dengan metode MTT dengan lima seri konsentrasi 50; 25; 12,5; 6,25; dan 3,125 μg/ml. Absorbansi dibaca pada ELISA reader. Hasil absorbansi menggambarkan banyaknya sel hidup. Fraksi polar ekstrak metanol kulit batang kambong dianalisis kualitatif dengan Kromatografi Lapis Tipis (KLT), fase diam yang digunakan adalah silika GF254 dan fase gerak n-heksana : etilasetat (2:8)v/v dengan pereaksi uap ammonia untuk identifikasi flavonoid dan deteksi pada Sinar UV254 dan Sinar UV366. Hasil penelitian terhadap sel HeLa didapatkan harga IC50 sebesar 89,36 μg/ml. Hasil analisis KLT menunjukkan adanya senyawa fenolik golongan flavonoid dalam fraksi polar ekstrak metanol kulit batang kambong.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kulit Batang Kambong (Dipterocarpus validus Blume), Fraksi polar, Sel HeLa, Sitotoksik.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 04 Nov 2011 10:14
Last Modified: 04 Nov 2011 10:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15365

Actions (login required)

View Item View Item