PENGARUH FORMULASI SALEP BENZOKAIN DALAM BASIS VANISHING CREAM MENGGUNAKAN SURFAKTAN TWEEN 80 TERHADAP SIFAT FISIK DAN KECEPATAN PELEPASAN OBAT

Utami, Anika (2007) PENGARUH FORMULASI SALEP BENZOKAIN DALAM BASIS VANISHING CREAM MENGGUNAKAN SURFAKTAN TWEEN 80 TERHADAP SIFAT FISIK DAN KECEPATAN PELEPASAN OBAT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
a)__Halaman_depan.pdf

Download (209kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
bab_1.pdf

Download (370kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (29kB)

Abstract

Vanishing cream merupakan basis krim yang mempunyai pengaruh besar terhadap efektivitas benzokain. Penambahan tween 80 dengan berbagai variasi konsentrasi diharapkan dapat berpengaruh terhadap sifat fisik dan kecepatan pelepasan benzokain. Penelitian yang dilakukan yaitu dengan membuat tiga formula menggunakan basis vanishing cream dan penambahan tween 80 yang bervariasi yaitu 0,5%, 1%, 2% kemudian dilakukan uji sifat fisik krim yang meliputi daya lekat, daya proteksi, viskositas, daya menyebar krim, dan uji pelepasan benzokain dari krim menggunakan membran selofan dalam medium dapar fosfat pH 7,2. Pengujian pelepasan obat dilakukan dengan metode paddle. Hasil disolusi diungkapkan dalam DE120 (%). Data yang diperoleh dianalisis dengan uji statistik kolmogorov-smirnov kemudian dilanjutkan One Way Anava dan dilanjutkan lagi uji t (LSD) dengan taraf kepercayaan 95%. Penggunaan variasi konsentrasi tween 80 dalam krim tidak mempengaruhi daya proteksi krim, tetapi mampu mempengaruhi daya lekat, viskositas dan meningkatkan daya sebar krim secara bermakna. Harga DE120 (%) berturut-turut 3,233% untuk formula I, 6,042% untuk formula II dan 3,525 untuk formula III.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: benzokain, tween 80, vanishing cream, pelepasan obat.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 03 Nov 2011 10:01
Last Modified: 03 Nov 2011 10:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15344

Actions (login required)

View Item View Item