EFEK SITOTOKSIK DAN PENGHAMBATAN KINETIKA PROLIFERASI EKSTRAK ETANOLIK TANAMAN CEPLUKAN (Physalis angulata Linn.) TERHADAP SEL HeLa

UTAMI, DEWI ANDON BUDI (2007) EFEK SITOTOKSIK DAN PENGHAMBATAN KINETIKA PROLIFERASI EKSTRAK ETANOLIK TANAMAN CEPLUKAN (Physalis angulata Linn.) TERHADAP SEL HeLa. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
a)_cover.pdf

Download (301kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
bab_1.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Lampiran)
c)_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)

Abstract

Penyakit kanker masuk dalam urutan kedua penyakit yang menyebabkan kematian setelah jantung. Hingga kini pengobatan penyakit kanker belum memperoleh hasil memuaskan. Banyak penderita kanker melakukan pengobatan alternatif, diantaranya dengan menggunakan tanaman obat tradisional. Salah satu tanaman yang dikembangkan sebagai obat tradisional yaitu tanaman ceplukan (Physalis angulata Linn.). Berdasarkan penelitian Sutrisna (2006) ceplukan merupakan salah satu tanaman yang mempunyai potensi sebagai antikanker. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek sitotoksik dan penghambatan kinetika proliferasi ekstrak etanolik tanaman ceplukan terhadap sel HeLa. Penelitian ini dilakukan dengan menyari tanaman ceplukan (Physalis angulata Linn.) dengan pelarut etanol 96% dengan menggunakan alat Soxhlet untuk kemudian diuji aktivitas sitotoksik dan penghambatan kinetika proliferasinya terhadap sel HeLa. Pada uji sitotoksik ekstrak diujikan pada sel HeLa dengan kepadatan 2 x 104 dan dilakukan dengan metode MTT. Pada uji penghambatan kinetika proliferasi dilakukan seperti halnya uji sitotoksik tetapi ekstrak diujikan pada sel HeLa dengan kepadatan 1 x 104 dan perlakuannya dilakukan pada jam ke 24, 48 dan 72. Hasil uji sitotoksik menunjukkan bahwa ekstrak etanolik tanaman ceplukan mempunyai efek sitotoksik terhadap sel HeLa dengan IC50 sebesar 316,23 μg/mL. Hasil uji penghambatan kinetika proliferasi menunjukkan bahwa pemberian ekstrak etanol tanaman ceplukan mampu menghambat kinetika proliferasi sel HeLa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tanaman ceplukan (Physalis angulata Linn.), sel HeLa, sitotoksik, kinetika proliferasi
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 01 Nov 2011 11:04
Last Modified: 01 Nov 2011 11:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15324

Actions (login required)

View Item View Item