STUDI PENGARUH SAMBARAN PETIR TERHADAP KONTINUITAS PENYALURAN TENAGA LISTRIK PADA SISTEM TRANSMISI 150 KV PURWOREJO- WATES

MURTI, WISNU PRASETYA (2007) STUDI PENGARUH SAMBARAN PETIR TERHADAP KONTINUITAS PENYALURAN TENAGA LISTRIK PADA SISTEM TRANSMISI 150 KV PURWOREJO- WATES. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (81kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_ta.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)

Abstract

Saluran transmisi mempunyai kemungkinan terjadi gangguan besar, di antaranya yang sering terjadi adalah sambaran petir. Sehingga saluran transmisi akan mengalami probabilitas kegagalan yang akan mempengaruhi kontinuitas penyaluran saluran transmisi,setelah mengetahui seberapa jauh tingkat keandalan saluran transmisi Purworejo-Wates terhadap sambaran petir maka bisa diambil langkah-langkah yang diperlukan untuk perbaikan saluran transmisi. Pengambilan data dilakukan di PLN Purworejo dengan melakukan penelitian terhadap saluran transmisi dengan dibantu oleh pegawai PLN. Dari data yang diperoleh di lapangan lalu dianalisis menggunakan rumus yang sudah ada. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan muka gelombang petir antara 0,5μs sampai 1μs diperoleh hasil probabilitas kegagalan sebesar 0,008 sedang jika menggunakan muka gelombang 1,5μs probabilitas kegagalan hanya 0,3 bahkan jika menggunakan muka gelombang 2μs hasilnya 0 atau tidak mengalami kegagalan. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa probabilitas kegagalan tegangan impuls tergantung daru kecuraman gelombang arus petir semakin curam muka gelombang arus petir maka probaniltas kegagalannya akan semakin besar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Saluran Transmisi, sambaran Petir,kegagalan isolator
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Nov 2011 09:38
Last Modified: 02 Nov 2011 09:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15321

Actions (login required)

View Item View Item