ADVOKASI PENDIDIKAN ISLAM OLEH CHILDREN CENTER MUHAMMADIYAH ( Studi Kasus Barak Pengungsi Arusan Kec. Kembang Tanjong, Kab. Pidie, Prop. Nanggroe Aceh Darussalam Tahun 2005)

SRIYONO, SRIYONO (2007) ADVOKASI PENDIDIKAN ISLAM OLEH CHILDREN CENTER MUHAMMADIYAH ( Studi Kasus Barak Pengungsi Arusan Kec. Kembang Tanjong, Kab. Pidie, Prop. Nanggroe Aceh Darussalam Tahun 2005). Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (bap1)
BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (bap2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (bap3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (bap4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (bap5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar keterlibatan peneliti sebagai relawan Children Center Muhammadiyah yang mendukung upaya penyelenggaraan pendidikan Islam atas peristiwa gempa bumi dan tsunami di Aceh tahun 2004 yang membawa dampak yang sangat luar biasa pada kehidupan selanjutnya korban selamat dari musibah tersebut. Dampak yang berupa kehancuran infrastruktur, terhentinya roda perekonomian dan sektor-sektor kehidupan lainnya dan memaksa ribuan orang hidup di pengungsian yang hanya mengandalkan bantuan pihak lain. Nasib tragis juga menimpa anak-anak Aceh, dalam pengungsian anak-anak harus hidup dalam kondisi darurat. Selain itu masa depan mereka juga terancam tidak adanya pemenuhan kebutuhan akan pendidikan. Dalam kondisi yang demikian perlu adanya dukungan psikososial dalam rangka mendukung anak-anak untuk persiapan belajar kembali meskipun dalam kondisi darurat. Dengan latar belakang masalah tersebut, maka permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah usaha-usaha advokasi pendidikan Islam dan kendalakendala dalam pelaksanaan usaha advokasi pendidikan Islam oleh Children Center Muhammadiyah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi usaha-usaha advokasi pendidikan Islam dan mengidentifikasi kendala-kendala untuk melakukan advokasi pendidikan Islam oleh Children Center Muhammadiyah dan manfaat dari penelitian ini secara teoritis dan praktis yaitu menambah khazanah wawasan terhadap penyelenggaraan pendidikan Islam dalam kondisi darurat sehingga adanya evaluasi terhadap usaha-usaha advokasi pendidikan Islam dalam kondisi darurat dan dapat diterapkannya secara terorganisir dan sistematis. Pada penelitian yang dilakukan tergolong ke dalam field research dan sifat penelitiannya diskriftif-analitik dengan tipe penelitian kualitatif-alamiah dan pendekatan yang digunakan fenomenologis. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian di wilayah penelitian semua penduduknya beragama Islam. Pasca gempa bumi dan tsunami di Aceh kondisi anak-anak mengalami trauma dan kesempatan anak untuk memperoleh pendidikan pada awalnya hampir tidak ada. Karena itu penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan di lokasi barak atau tendatenda darurat. Hal ini dilakukan karena tidak adanya prasarana yang memadahi selain tersedianya barak atau tenda darurat sebagai pengganti ruang kelas. Dari hasil analisis penelitian ini didapat kesimpulan bahwa: Pertama jenis kegiatan Children Center Muhammadiyah adalah pendidikan darurat, majelis ta’lim/pengajian anak, pelayanan psikososial dan vokasional skill. Kedua Usahausaha advokasi yang dilakukan adalah dengan program sosialisasi pendidikan, fasilitator pendidikan, bimbingan psikososial, dan mo nitoring dan pendampingan anak. Ketiga yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pendidikan Islam dalam kondisi darurat adalah keterbatasan tenaga pendidik, kendala psikologis, kendala geografis dan kendala administratif. Namun pengaruh kendala tersebut terbatas pada vii pelaksanaan tanpa mempengaruhi hasil yang bisa dicapai program advokasi pendidikan Islam.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Advokasi Pendidikan Islam, Psikososial dan life Skill
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 01 Nov 2011 10:38
Last Modified: 01 Nov 2011 10:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15319

Actions (login required)

View Item View Item