STUDI EVALUASI PEMELIHARAAN SALURAN UDARA 20 KV DENGAN PEKERJAAN DALAM KEADAAN BERTEGANGAN DI PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA TIMUR AREA PELAYANAN DAN JARINGAN MADIUN

RIYONO, ADY (2007) STUDI EVALUASI PEMELIHARAAN SALURAN UDARA 20 KV DENGAN PEKERJAAN DALAM KEADAAN BERTEGANGAN DI PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA TIMUR AREA PELAYANAN DAN JARINGAN MADIUN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan_Utama.pdf

Download (520kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (31kB)

Abstract

Pelaksanaan pekerjaan pemeliharaan saluran udara tegangan menengah 20 KV dalam keadaan bertegangan (PDKB) tidak boleh mengabaikan keselamatan dan keamanan para pekerja saluran (linesman). Adanya jaminan keselamatan dan keamanan mulai dari persiapan awal, peralatan yang dipakai dan jenis pekerjaan yang akan dipakai merupakan ukuran sukses dalam mencegah terjadinya kecelakaan yang akan terjadi dalam pekerjaan pemeliharaan saluran udara tegangan menengah 20 KV dalam keadaan bertegangan. Selain itu juga dapat meningkatkan keandalan dalam sistem penyaluran tenaga listrik karena tidak ada energi listrik yang hilang saat dilakukan pekerjaan pemeliharaan dalam keadaan bertegangan. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode pengamatan langsung dalam area kerja (dalam hal persiapan awal dilokasi pekerjaan, metode pekerjaan yang digunakan, kondisi jarak dan koordinasi isolasi peralatan yang digunakan), wawancara kepada TIM PDKB (pelaksana pekerja, pengawas, dan koordinator PDKB atau kepala operasi) dan dari buku-buku yang ada di PLN. Hasil penelitian menunjukkan dengan adanya pekerjaan pemeliharaan saluran udara tegangan menengah 20 KV dalam keadaan bertegangan dapat menyelamatkan dalam energi listrik pada tahun 2006 (Januari-Desember) sebesar 6.812.539,23 KWH dan pada tahun 2007 (Januari-Mei) sebesar 6.261.797,03 KWH. Bila dinyatakan dalam rupiah pada tahun 2006 (Januari-Desember) sebesar Rp. 3.626.914.211 dan pada tahun 2007 (Januari-Mei) sebesar Rp. 3.385.324.671,21. Selain itu dengan adanya pelaksanaan PDKB sangat menguntungkan bagi PLN dan pelanggan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemeliharaan, PDKB, PT. PLN (Persero) APJ Madiun.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Nov 2011 09:41
Last Modified: 03 Oct 2018 02:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15304

Actions (login required)

View Item View Item