PENYESUAIAN DIRI REMAJA TUNANETRA DALAM MENGHADAPI LINGKUNGAN YANG BARU

PRAMESTI, ANGGANA RARAS (2011) PENYESUAIAN DIRI REMAJA TUNANETRA DALAM MENGHADAPI LINGKUNGAN YANG BARU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (213kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (74kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyesuaian diri pada remaja tunanetra di lingkungan baru yakni lingkungan asrama. Pertanyaan penelitian yang diungkap adalah bagaimana bentuk penyesuaian diri pada remaja tunanetra yang pindah dari lingkungan rumah ke asrama? Informan penelitian adalah para remaja awal yang berusia 12 – 15 tahun sebanyak 2 informan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bentuk-bentuk penyesuaian diri yang dilakukan oleh remaja tunanetra di lingkungannya yang baru yakni lingkungan asrama. Adapun aspek-aspek yang diteliti dari bentuk penyesuaian diri yang dilakukan remaja tunanetra adalah kemampuan penerimaan diri, kemampuan untuk tidak mengulangi kesalahan, kemampuan untuk dapat memiliki kepercayaan diri, kemampuan untuk bekerjasama, kemampuan dalam mengendalikan luapan emosinya, kemampuan untuk bergaul dan berkomunikasi dengan orang lain, serta mampu menjaga keseimbangan diri dengan lingkungannya dan berusaha memenuhi keinginan-keinginan dalam dirinya. Secara keseluruhan diperoleh gambaran bahwa kedua informan cukup mempunyai penyesuaian diri yang baik, hal ini dikarenakan sudah adanya kesiapan mental dari kedua informan untuk memasuki lingkungan yang baru demi mendapatkan pendidikan dan keinginan bersekolah juga dari diri mereka sendiri agar menjadi orang yang berilmu dan pandai, dan bukannya dari dorongan orang lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian diri, Remaja tunanetra.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 31 Oct 2011 10:22
Last Modified: 31 Oct 2011 10:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15284

Actions (login required)

View Item View Item