IKLAN TELEVISI DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM ( Study Kasus Iklan Vaseline Intensive Care & Fit Moisturizing Body Lotion di RCTI )

SAICHUN, MUHAMAD (2007) IKLAN TELEVISI DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM ( Study Kasus Iklan Vaseline Intensive Care & Fit Moisturizing Body Lotion di RCTI ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (414kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)

Abstract

Skripsi ini memaparkan mengenai iklan televisi yang dewasa ini mengalami perkembangan yang sangat pesat karena dianggap sebagai media yang efektif dalam mencapai sasaran atau konsumen. Akan tetapi perkembangan teknologi yang sangat pesat tersebut dapat memberikan dampak yang kurang baik terhadap masyarakat, dalam hal ini penulis meneliti tentang iklan televisi yang ditinjau dari perspektif Hukuk Islam ( Study kasus iklan Vaseline Intensive care & fit moisturizimng Body Lotion di RCTI ). Iklan tersebut jika dikaji lebih jauh akan banyak kita temukan penyajian-penyajian yang bertentangan dengan Hukum Islam. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan Hukum Islam terhadap iklan di televisi yang dapat menambah pengetahuan di bidang tersebut, metode yang dipakai dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan objek penelitiannya adalah media televisi, buku-buku, dokumen, juga memanfaatkan berbagai data dari dunia maya (internet) yang relevan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi yaitu pengamatan dan pencatatan dengan sistematis terhadap iklan Vaseline Intensive care & fit moisturizimng Body Lotion di RCTI dan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh informasi dari data-data yang berhubungan dengan objek penelitian yang bersifat tulisan atau gambar. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah deduktif analisis yaitu memaparkan atau menggambarkan data yang ada, kemudian menganilisa dengan sistematis, dengan pendekatan tersebut diharapkan penulis mampu menganalisa serta menggambarkan periklanan yang ditinjau dari perspektif Hukum Islam. Untuk memperkuat analisis ini penulis memakai metode induktif deduktif yaitu analisa yang berpangkal pada kaidah-kaidah yang khusus, kemudian disusun bersifat umum dan sebaliknya. Dari hasil pemaparan dapat disimpulkan bahwa iklan Vaseline Intensive care & fit moisturizimng Body Lotion di RCTI sebagai berikut: iklan Vaseline Intensive care & fit moisturizimng Body Lotion yang ditayangkan di RCTI tidak sesuai dengan Hukum Islam karena dalam penayangan iklan tersebut para model memperlihatkan auratnya dan hal ini dapat menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat, memberikan batasan pada model dalam menampilkan iklan dalam berbusana harus menutup aurat dan merujuk kepada Hukum Islam, dan mengutarakan tentang batasanbatasan tayangan televisi yang wajar menurut norma-norma yang berlaku di masyarakat, yang tidak menjual aurat, artinya aurat menjadi titik pusat perhatian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Iklan televisi, perspektif, Hukum Islam
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Agama Islam > Syari'ah
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 31 Oct 2011 10:21
Last Modified: 31 Oct 2011 10:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15282

Actions (login required)

View Item View Item