Prestasi belajar ditinjau dari lingkungan Belajar dan Pengisian Waktu Luang Pada Siswa SMA

Muldyahatmi , Sri (2011) Prestasi belajar ditinjau dari lingkungan Belajar dan Pengisian Waktu Luang Pada Siswa SMA. Thesis thesis, UMS.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_-_ABSTRAKSI.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)

Abstract

Prestasi belajar bagi siswa sangat penting karena merupakan suatu gambaran tingkat keberhasilan dari kegiatan selama mengikuti suatu pelajaran. Oleh karenanya baik siswa itu sendiri, guru maupun orangtua berharapan semua siswa sekolah memiliki prestasi belajar yang tinggi, namun demikian keberhasilan siswa mencapai prestasi belajar yang tinggi tidak lepas dari adanya faktor-faktor yang mempengaruhinya diantaranya yaitu waktu lingkungan belajar dan pengisian waktu luang. Adapun Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara lingkungan belajar dan pengisian waktu luang dengan prestasi belajar siswa SMA. Hipotesis yang diajukan: 1) Ada hubungan antara prestasi belajar ditinjau dari lingkungan belajar dan pengisian waktu luang. 2) Ada hubungan positif antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar; 3) Ada hubungan positif antara pengisian waktu luang dengan prestasi belajar; 4) Sumbangan efektif lingkungan belajar dan pengisian waktu luang terhadap prestasi belajar; 5) tingkat atau kategori lingkungan belajar, pengisian waktu luang dan prestasi belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Batik 1 Surakarta Kelas XII IPA XII IPS XII IPS dan XII IPS dengan jumlah sebanyak 170 orang. Teknik 2; 1; 3 4 pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala lingkungan belajar, skala pengisian waktu luang dan data dokumentasi prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dua prediktor, stepwise dan analisis crosstab. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai korelasi (R) = 0,642; p = 0,000 (p < 0,01); R = 0,412. Berarti secara simultan ada hubungan yang sangat square signifikan antara lingkungan belajar dan pengisian waktu luang dengan prestasi belajar. Hasil analisis antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar diperoleh nilai Coefficients Correlation = 0,575; signifikansi (p) = 0.000; (p < 0,01) yang berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar. Pengisian waktu luang dengan presatasi belajar diperoleh nilai Coefficients Correlation = 0,565; signifikansi (p) = 0,000 (p < 0,01) berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara pengisian waktu luang dengan prestasi belajar. Subjek penelitian secara umum memiliki lingkungan belajar yang tergolong sedang. Pengisian waktu luang tergolong sedang. Nilai rerata empirik prestasi belajar = 7,262, menunjukkan bahwa prestasi belajar pada siswa-siswa SMA Batik I tergolong baik. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat signifikan antara lingkungan belajar dan pengisian waktu luang dengan prestasi belajar. Semakin tinggi atau baik lingkungan belajar dan pengisian waktu luang maka akan semakin tinggi prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: lingkungan belajar, pengisian waktu luang, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2011 13:01
Last Modified: 10 Jan 2012 04:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15268

Actions (login required)

View Item View Item