BEDA PENGARUH BACK EXERCISE DENGAN TRAKSI LUMBAL MEKANIK TERHADAP NYERI DAN DISABILITAS FUNGSIONAL PADA NYERI PUNGGUNG BAWAH MUSKULER

HARIYATI , WAHYU ENDANG (2007) BEDA PENGARUH BACK EXERCISE DENGAN TRAKSI LUMBAL MEKANIK TERHADAP NYERI DAN DISABILITAS FUNGSIONAL PADA NYERI PUNGGUNG BAWAH MUSKULER. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (789kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)

Abstract

Nyeri punggung bawah merupakan kasus yang banyak ditemui dalam praktek sehari-hari, umumnya menyerang semua orang tanpa mengenal perbedaan umur, jenis kelamin, pekerjaan, status sosial, dan tingkat pendidikan. Teknologi yang paling banyak digunakan adalah back exercise dan traksi lumbal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh back exercise maupun traksi lumbal mekanik terhadap pengurangan nyeri dan perbaikan fungsional. Rancangan Penelitian ini adalah two group pre-test post- test design without control. Kelompok I mendapatkan back exercise yang dilakukan dengan frekuensi 3 kali perminggu durasi 30 – 45 menit, selama 3 minggu. Kelompok II mendapatkan traksi lumbal mekanik dengan frekuensi 3 kali perminggu durasi 10 menit, selama 3 minggu. Analisa statistik menggunakan analisa deskriptif dan kemudian secara bertahap menggunakan analisa normalitas dan homogenitas data, dan uji hubungan dengan meggunakan Paired T-Test dan uji Anova untuk membandingkan kedua kelompok. Pengukuran menggunakan VDS dan kuesioner disabilitas nyeri punggung bawah Oswestri. Hasil penelitian, kelompok I menunjukan perbaikan berupa penurunan intensitas nyeri dan peningkatan aktifitas fungsional yang signifikan P < 0.05 dimana P = 0.000 begitu juga pada kelompok II P < 0.05 dimana P = 0.00. Sedangkan perbandingan pengaruh antara kelompok I dan II menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara penurunan nyeri P > 0.05 P = .0.121 dan perbaikan fungsional P . 0.05 yaitu P = 0.657. Kesimpulan ; Back exercise maupun traksi lumbal mekanik berpengaruh terhadap penurunan nyeri dan peningkatan aktifitas fungsional penderita nyeri punggung bawah muskuler, serta tidak ada perbedaan yang signifikan perbandingan pengaruh antara keduanya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Nyeri punggung bawah; muskuler; Back exercise; traksi lumbal mekanik
Subjects: R Medicine > RB Pathology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2011 10:04
Last Modified: 28 Oct 2011 10:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15257

Actions (login required)

View Item View Item