ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN MATRIKS KONSUMEN UNTUK MENETAPKAN STRATEGI KOMPETITIF (Studi Kasus Konsumen Produk Sepeda Motor Di Wilayah Surakarta)

SIDAMA, YOGA WISDA (2007) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN MATRIKS KONSUMEN UNTUK MENETAPKAN STRATEGI KOMPETITIF (Studi Kasus Konsumen Produk Sepeda Motor Di Wilayah Surakarta). Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
Halaman_Depan.pdf

Download (189kB)
[img]
Preview
PDF (bap1)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (bap2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (bap3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (bap4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (24kB)

Abstract

Matriks Konsumen merupakan salah satu metode analisa yang digunakan untuk menetapkan strategi kompetitif berdasarkan dari sudut pandang konsumen. Matriks konsumen tersusun atas dua variabel , yaitu PUV yang berkaitan dengan kepuasan konsumen yang terdiri dari atribut yang melekat pada produk seperti kinerja, keawetan, desain, fitur, pelayanan servis, estetika dan kemudahan serta PP yang berkaitan dengan harga yang harus dikeluarkan konsumen untuk membeli produk. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui atribut yang melekat pada produk sepeda motor Honda Supra Fit, Suzuki Smash R, dan Yamaha Vega R sehingga dapat digunakan untuk menentukan nilai PUV dan PP yang merupakan dasar analisis dengan Matriks Konsumen. Dan dengan Matriks konsumen maka selanjutnya dapat menetapkan strategi kompetitif dari ketiga produk sepeda motor tersebut. Analisa yang digunakan adalah dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas untuk atribut pada ketiga produk sepeda motor di atas seperti kinerja, keawetan, desain, fitur, pelayanan servis, estetika, dan kemudahan. Sedangkan analisa yang digunakan untuk mengetahui strategi kompetitif dari ketiga produk sepeda motor di atas adalah Matriks Konsumen dengan hasil yaitu untuk produk sepeda motor Honda Supra Fit strategi kompetitifnya pemimpin pasar dengan memperluas pasar keseluruhan, Suzuki Smash R strategi kompetitifnya strategi serangan rusuk (flank attack), Yamaha Vega R strategi kompetitifnya strategi serangan gerilya (guerrilla attack).

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Matriks Konsumen, Perceived Use Value (PUV), Perceived Price (PP). vi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 27 Oct 2011 10:45
Last Modified: 28 Oct 2011 10:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15252

Actions (login required)

View Item View Item