ANALISIS TEKNOLOGI PADA PERUSAHAAN MEBEL DENGAN PENDEKATAN TEKNOMETRIK (Studi Kasus di : PT. YOSOGIRA Jl. Solo-Purwodadi km.17, Kalijambe, Sragen)

Aling , Sigit Al Olang (2007) ANALISIS TEKNOLOGI PADA PERUSAHAAN MEBEL DENGAN PENDEKATAN TEKNOMETRIK (Studi Kasus di : PT. YOSOGIRA Jl. Solo-Purwodadi km.17, Kalijambe, Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (393kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (303kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Teknologi mempunyai pengaruh yang penting dalam upaya menciptakan keunggulan dalam persaingan antar perusahaan. Sehingga perusahaan dituntut untuk meningkatkan daya saingnya dengan berfokus pada peningkatan peranan dan kontribusi teknologi. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur seberapa besar kontribusi komponen teknologi dalam proses transformasi input menjadi output dengan menggunakan pendekatan teknometrik dan AHP (Analytical Hirarchy Process). Pengaplikasian pendekatan Teknometrik dan AHP untuk pengukuran kontribusi teknologi tersebut dilakukan pada PT. Yosogira Klijambe, Sragen (sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang mebel). Setelah mendapatkan kontribusi komponen teknologi, selanjutnya ditentukan prioritas komponen teknologi yang terkait dan perlu adanya perbaikan berdasarkan analisa terhadap gap tiap komponen teknologi. Penulis juga mencoba memberikanm usulan perbaikan pada proses pengecatan, karena dari hasil analisa bahwa pada bagian inilah yang mempunyai nilai gap terbesar dan perlu dilakukan adanya perbaikan. Hasil pengukuran kontribusi komponen teknologi menunjukkan nilai kontribusi untuk masing-masing komponen teknologi yaitu technoware 0,7345, humanware 0,7404, organware 0,9448, inforware 0,7746. dan berdasarkan analisa terhadap gap tiap komponen teknologi, komponen teknologi yang menjadi prioritas untuk adanya perbaikan adalah technoware, terutama pada proses finishing yaitu pada pengecatan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Teknologi, Komponen Teknologi, Teknometrik, AHP
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2011 10:16
Last Modified: 26 Oct 2011 10:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15245

Actions (login required)

View Item View Item