IMPLEMENTASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (SPK) DALAM PENGAMBILAN MATA KULIAH (Studi Kasus “ Jurusan Teknik Industri UMS ”)

WARDI , AGUS (2007) IMPLEMENTASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (SPK) DALAM PENGAMBILAN MATA KULIAH (Studi Kasus “ Jurusan Teknik Industri UMS ”). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (325kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (226kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (946kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan ( SPK) atau Decision Support System (DSS) merupakan progresi alamiah dari sistem pelaporan informasi dan sistem pemrosesan transaksi. DSS bersifat interaktif, sistem informasi yang berbasis komputer yang menggunakan model keputusan dan secara khusus menggunakan database untuk membantu proses pengambilan keputusan bagi manajer dan pengguna akhir. Bimbingan dan Konseling di perguruan tinggi merupakan kegiatan yang dibutuhkan setelah sistem pengajaran menjadi sistem kredit semester, yang mewajibkan mahasiswa menyusun dan merencanakan program kuliahnya setiap semester seefektif mungkin. Melalui Bimbingan dan Konseling yang merupakan bantuan yang diberikan kepada mahasiswa, diharapkan produktivitas perguruan tinggi dapat meningkat dengan pesat. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dibuat sebuah sistem pendukung keputusan pada Jurusan Teknik Industri UMS, dimana sistem tersebut mampu menjadi sebuah sarana pembantu dalam melakukan penarikan keputusan bagi mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah. Dengan didasarkan pada tahapan proses pembuatan sistem pendukung keputusan, akhirnya dihasilkan sebuah program sistem pendukung keputusan. Program sistem pendukung keputusan dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan mengunakan bahasa pengolah database Mysql yang dapat digunakan oleh banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan. Didasarkan pada manfaat sistem pendukung keputusan jurusan Teknik Industri diantaranya membantu mahasiswa dalam melakukan pengambilan mata kuliah serta menyusun rencana studi mereka.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sistem pendukung keputusan, mahasiswa, PHP, Mysql dan mata kuliah.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2011 09:49
Last Modified: 26 Oct 2011 09:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15238

Actions (login required)

View Item View Item