ANALISIS LOGAM Zn DAN Cd DALAM SEDIMEN AIR SUNGAI KUNDEN DI SEKITAR KAWASAN INDUSTRI TEKSTIL GUMPANG KARTASURA DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM

MARDIANA, MARDIANA (2007) ANALISIS LOGAM Zn DAN Cd DALAM SEDIMEN AIR SUNGAI KUNDEN DI SEKITAR KAWASAN INDUSTRI TEKSTIL GUMPANG KARTASURA DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_DIAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
bab_1.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB)

Abstract

Kasus-kasus sebagai akibat dari adanya pencemaran lingkungan yang disebabkan logam berat saat ini sangat beragam. Salah satunya karena meningkatnya kebutuhan industri disegala bidang termasuk industri tekstil di kawasan Gumpang Kartasura yang menggunakan logam dalam produksinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya logam Zn dan Cd dalam sedimen air sungai kunden di sekitar kawasan industri tekstil Gumpang Kartasura. Sampel yang diambil berupa sedimen di sepanjang sungai Kunden di kawasan indutri tekstil Gumpang Kartasura sebanyak 5 titik yaitu, titik I berada paling dekat dengan sumber pembuangan limbah; titik II berjarak 250 meter dari titik I; titik III berjarak 500 meter dari titik I; titik IV berjarak 750 meter dari titik I; dan titik V berjarak 1000 meter dari titik I. Pada tiap titik diambil 3 tempat yaitu kiri, tengah dan kanan. Selanjutnya sedimen tiap titik digabung menjadi satu. Sedimen dikeringkan, digerus, diayak, ditimbang 2 gram kemudian didestruksi dengan asam nitrat pekat dalam lemari asam sampai hampir kering, kemudian tambahkan asam nitrat 10% lalu panaskan kemudian saring, ditambah aquabidest sehingga siap untuk dianalisis dengan Spektrofotometri Serapan Atom (SSA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada sampel sedimen sungai terdapat kandungan logam Zn dan Cd. Konsentrasi rata-rata yang didapat dari hasil pembacaan SSA untuk logam Zn dalam sampel sedimen air sungai pada titik I adalah 96,8750 ppm, titik II adalah 106,0108 ppm, titik III adalah 68,97 ppm, titik IV adalah 48,6625 ppm, dan titik V adalah 105,1127 ppm, sedangkan untuk logam Cd dalam sampel sedimen air sungai pada titik I adalah 0,4183 ppm, titik II adalah 0,3347 ppm, titik III adalah 0,4131 ppm, titik IV adalah 0,4466 ppm, dan titik V adalah 0,4766 ppm.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Logam Zn, Logam Cd, sedimen sungai, Spektrofotometri Serapan Atom
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 21 Oct 2011 10:35
Last Modified: 21 Oct 2011 10:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15206

Actions (login required)

View Item View Item