UJI POTENSIASI EFEK SEDASI NATRIUM TIOPENTAL OLEH EKSTRAK ETANOL BUAH KETUMBAR (Coriandrum sativum L.) DALAM BENTUK SEDIAAN SIRUP PADA MENCIT JANTAN GALUR SWISS

Agustianingsih, Anna Sophiana (2007) UJI POTENSIASI EFEK SEDASI NATRIUM TIOPENTAL OLEH EKSTRAK ETANOL BUAH KETUMBAR (Coriandrum sativum L.) DALAM BENTUK SEDIAAN SIRUP PADA MENCIT JANTAN GALUR SWISS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Cover)
a)cover.PDF

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
a1)_ngarepan.PDF

Download (201kB)
[img] PDF (Full Text)
b)_skripsi.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
c)_daftar_pustaka.PDF

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
d)_lampiran.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)

Abstract

Tanaman ketumbar (Coriandrum sativum L.) merupakan salah satu tanaman obat tradisional yang memiliki khasiat sebagai sedasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan potensiasi efek sedasi natrium tiopental oleh ekstrak etanol buah ketumbar dalam bentuk sediaan sirup pada mencit jantan galur Swiss. Hewan uji dibagi menjadi 5 kelompok yaitu Kelompok I kontrol negatif (sirupus simpleks 0,5 ml/ 20 gBB), kelompok II kontrol positif (diazepam 2,6 mg/KgBB) , kelompok III, IV dan V berturut-turut diberi perlakuan ekstrak etanol buah ketumbar dosis 175, 350 dan 700 mg/KgBB dalam bentuk sediaan sirup. Tiap kelompok diberi perlakuan secara peroral dengan volume pemberian 0,5 ml/ 20 gBB, 45 menit setelah perlakua n diinduksi dengan natrium tiopental 72,8 mg/KgBB secara intraperitonial. Potensiasi efek sedasi natrium tiopental oleh ekstrak etanol buah ketumbar dalam bentuk sediaan sirup dilihat dari durasi tidur mencit yang dibandingkan dengan kontrol negatif. Analisis statistik data menggunakan dengan ANOVA (Analysis of Variance) satu jalan, kemudian dilanjutkan dengan uji LSD (Least Significant Difference) dengan taraf kepercayaan 95 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol buah ketumbar dosis 350 dan 700 mg/KgBB menghasilkan durasi tidur yang lebih lama dibanding kontrol negatif sehingga dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol buah ketumbar dosis 350 dan 700 mg/kgBB dalam bentuk sediaan sirup mempunyai kemampuan mempotensiasi efek sedasi natrium tiopental.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sedasi, ketumbar (Coriandrum sativum L.), sirup.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 20 Oct 2011 09:37
Last Modified: 20 Nov 2019 03:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15173

Actions (login required)

View Item View Item