UJI POTENSIASI EFEK SEDASI NATRIUM TIOPENTAL OLEH EKSTRAK ETANOL BUAH KETUMBAR (Coriandrum sativum L) PADA MENCIT JANTAN

HAPSARI, HESTI MIA (2007) UJI POTENSIASI EFEK SEDASI NATRIUM TIOPENTAL OLEH EKSTRAK ETANOL BUAH KETUMBAR (Coriandrum sativum L) PADA MENCIT JANTAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
bab_1.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Secara empiris tanaman ketumbar (Coriandrum sativum L.) berkasiat sebagai pene nang, sehingga pada penelitian ini dilakukan pengujian secara ilmiah untuk mengetahui efek sedatif dari ekstrak etanol buah ketumbar (Coriandrum sotivum L.) pada mencit putih jantan dengan metode potensiasi narkose Hewan uji sebanyak 40 ekor mencit putih jantan dibagi menjadi 5 kelompok perlakuan dengan setiap kelompok terdiri dari 8 ekor mencit, masing- masing kelompok diberi perlakuan secara peroral sebagai berikut: kelompok I sebagai kontrol negatif (akuades 0,5 ml/20 gram berat badan), kelompok II sebagai kontrol positif (Diazepam 2,6 mg/kgBB) dan kelompok III, IV, V diberi ekstrak etanol buah ketumbar dosis 175, 350, 700 mg/ kgBB, 45 menit kemudian diberi natrium tiopental dengan dosis 72,8 mg/kgBB secara intraperitoneal yang digunakan sebagai penginduksi tidur mencit. Data yang diperoleh adalah durasi, kemudian dianalisis dengan one way ANOVA dan diteruskan dengan uji LSD dengan taraf kepercayaan 95 %. Parameter untuk mengetahui potensiasi efek sedasi adalah durasi tidur pada mencit putih jantan. Berdasarkan hasil uji LSD pada durasi tidur dapat diketahui bahwa ekstrak etanol buah ketumbar memberikan perbedaan yang bermakna terhadap kontrol negatif (akuades 0,5 ml/20 g BB) dengan nilai P<0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa ekstrak etanol buah ketumbar mampu mempotensiasi efek sedatif natrium tiopental.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekstrak buah ketumbar (Coriandrum sativum L.), potensiasi sedasi
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 20 Oct 2011 03:03
Last Modified: 20 Oct 2011 03:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15168

Actions (login required)

View Item View Item