EFEK EKSTRAK ETANOL DAUN SALAM ( Eugenia polyantha Wight) TERHADAP PENURUNAN KADAR ASAM URAT PADA MENCIT PUTIH (Mus muculus) JANTAN

MA’RUFAH, SITI (2007) EFEK EKSTRAK ETANOL DAUN SALAM ( Eugenia polyantha Wight) TERHADAP PENURUNAN KADAR ASAM URAT PADA MENCIT PUTIH (Mus muculus) JANTAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (101kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
02.BAB_I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
03.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab III)
04.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
05.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
07.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)

Abstract

Asam urat telah dikenal sejak lama, sekitar abad V SM. Dari waktu ke waktu jumlah penderita asam urat cenderung meningkat. Daun salam (Eugenia polyantha Wight) merupakan salah satu bagian tanaman yang telah lama dikenal sebagai bumbu masak, selain itu juga berkhasiat sebagai obat asam urat. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa infusa daun salam dapat menurunkan kadar asam urat ayam leghorn jantan hiperurisemia (Priyoherianto, 2005). Metode induksi potasium oxonat lebih cepat dalam pembuatan model hiperurisemia dibanding metode ayam leghorn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efek pemberian ekstrak etanol daun salam terhadap penurunan kadar asam urat darah pada mencit putih (Mus muculus) jantan yang diinduksi dengan potasium oxonat. Hewan uji yang digunakan berjumlah 30 ekor, yang dibagi dalam enam kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 5 ekor mencit putih jantan. Kontrol negatif diberi aquadest 1 ml/20 g BB secara peroral. Kelompok II diberi potasium oxonat 300 mg/kg BB secara intraperitonial untuk membuat hiperurisemia, kelompok III-VI diberi alopurinol 10 mg/kg BB, ekstrak etanol daun salam 105 mg/kg BB, 210 mg/kg BB dan 420 mg/ kg BB secara peroral pada mencit hiperurisemia. Data yang diperoleh berupa kadar asam urat serum yang diuji dengan analisa varian satu jalan dan dilanjutkan dengan uji Bonferroni pada taraf kepercayaan 95%. Ekstrak etanol 70% daun salam dengan dosis 105 mg/kg BB, 210 mg/kg BB dan 420 mg/kg BB mempunyai efek menurunkan kadar asam urat serum mencit putih jantan yang diinduksi dengan potasium oxonat. Ekstrak etanol daun salam dosis 420 mg/kg BB mempunyai potensi yang sama dengan alopurinol 10 mg/kg BB dalam menurunkan kadar asam urat dalam serum mencit putih jantan yang diinduksi dengan potasium oxonat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: asam urat, ekstrak etanol daun salam (Eugenia polyantha Wight).
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 20 Oct 2011 02:57
Last Modified: 20 Oct 2011 03:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15167

Actions (login required)

View Item View Item