PENGARUH PELAYANAN, KENYAMANAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI DI PASAR TRADISIONAL DAN MODERN ( Studi kasus pada pasar Kleco dan Assalam Hypermart)

YANZILI, KHOIRI (2008) PENGARUH PELAYANAN, KENYAMANAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI DI PASAR TRADISIONAL DAN MODERN ( Studi kasus pada pasar Kleco dan Assalam Hypermart). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100030020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan faktor penentu keberhasilan sebuah perusahaan dalam memenangkan tingkat persaingan bisnis yang semakin terbuka dan tajam, di mana kepuasan merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan antara kinerja yang dirasakan dengan harapannya. Kepuasan pelanggan dapat dilihat dari proses pengambilan keputusan pelanggan dalam menentukan pilihan pembelian terhadap barang/jasa yang ditawarkan pemasar. Sedangkan keputusan pembelian dari pelanggan ditentukan oleh adanya adanya pelayanan, kenyamanan, dan harga yang lebih menarik dari perusahaan pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan (X1), kenyamanan (X2), dan harga (X3) terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian (Y) di pasar tradisional dan pasar modern baik secara partial maupun secara bersama-sama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen (pembeli) di Pasar Kleco dan Assalam Hypermart. Untuk sampel diambil secara aksidental yang berjumlah 30 konsumen yang pernah berbelanja di Assalam Hypermart dan 30 konsumen yang pernah berbelanja di pasar Kleco. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang terdiri dari uji t dan uji F dan uji koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil analisis uji t untuk Assalam Hypermart diperoleh variabel Pelayanan sebesar 2,512; Kenyamanan sebesar 3,371; dan Harga sebesar 2,305 berpengaruh secara partial terhadap Keputusan Konsumen untuk Membeli (Y) karena thitung > ttabel (1,703). Untuk Pasar Kleco, variabel Pelayanan sebesar 2,629; Kenyamanan sebesar 2,600; dan Harga sebesar 3,083 berpengaruh secara partial terhadap Keputusan Konsumen untuk Membeli (Y) karena thitung > ttabel (1,703). Dengan demikian pelayanan, kenyamanan dan harga berpengaruh secara partial terhadap keputusan konsumen untuk membeli. Hasil uji pengaruh secara bersama-sama untuk Assalam Hypermart didapat nilai Fhitung sebesar 7,604 dan Pasar Kleco sebesar 6,973; masing-masing lebih besar dari Ftabel (3,32). Dengan demikian pelayanan, kenyamanan dan harga berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan konsumen untuk membeli. Variabel Harga (X3) 0,464 memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap Keputusan Konsumen untuk Membeli (Y) pada Assalam Hypermart dan variabel Kenyamanan (X2) sebesar 0,268 memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap Keputusan Konsumen untuk Membeli (Y) pada Pasar Kleco. Variasi variabel Keputusan Konsumen untuk Membeli pada Assalam hypermart dapat dijelaskan oleh variabel pelayanan, kenyamanan dan harga sebesar 80,7%. Sedangkan variasi variabel Keputusan Konsumen untuk Membeli pada Pasar Kleco dapat dijelaskan oleh variabel pelayanan, kenyamanan dan harga sebesar 70,5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Pelayanan, Kenyamanan, Harga dan Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 23 May 2009 03:36
Last Modified: 17 Nov 2010 05:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1516

Actions (login required)

View Item View Item