HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN MINAT MEMBELI PRODUK MAKANAN OLEH-OLEH KHAS SOLO

Wibisana, Yusuf (2011) HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN MINAT MEMBELI PRODUK MAKANAN OLEH-OLEH KHAS SOLO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
cover_-_abstraksi.pdf

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF
bab_1.pdf

Download (23kB)
[img] PDF
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF
daftpust.pdf

Download (10kB)
[img] PDF
lampiran2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)

Abstract

Minat membeli adalah pemusatan perhatian terhadap sesuatu yang disertai dengan perasaan senang terhadap sesuatu barang, kemudian minat individu tersebut menimbulkan keinginan sehingga timbul perasaan yang meyakinkan bahwa barang tersebut mempunyai manfaat sehingga individu ingin memiliki barang tersebut dengan cara membayar (mengganti) dengan uang. Banyak faktor yang mempengaruhi minat membeli, salah satunya yaitu citra merek. Secara khusus Citra merek atau brand image produk JM belum terbangun secara kuat dan menjadi produk yang mampu membedakannya dari produk-produk pesaing yang masuk wilayah Solo, sehingga para wisatawan lokal maupun asing tidak mengenal secara pasti produk apa saja yang merupakan makanan khas Solo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hubungan citra merek dengan minat membeli produk makanan oleh-oleh khas; 2) tingkat atau kondisi citra merek dan minat membeli produk makanan oleh-oleh khas Solo. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara citra merek dengan minat membeli. Subjek penelitian adalah wisatawan baik domestik atau asing yang singgah atau membeli Oleh-oleh Khas Solo di Toko Aneka Gorengan Songgalan, Pajang Laweyan Surakarta, dengan ciri-ciri : a) usia minimal 18 tahun, b) pelanggan dan wisatawan (luar Solo), c) bersedia mengisi skala yang dibagikan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purpossive insidental non random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu skala citra merek dan skala minat membeli, teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,464; p = 0,000 (p < 0,01). Hasil tersebut menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara citra merek dengan minat membeli. Sumbangan efektif citra merek terhadap minat membeli sebesar 21,5%. Citra merek pada subjek penelitian tergolong tinggi, minat membeli pada subjek penelitian tergolong tinggi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat signifikan antara citra merek dengan minat membeli. Semakin tinggi citra merek maka semakin tinggi minat membeli, begitu sebaliknya semakin rendah citra merek maka semakin rendah minat membeli.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CITRA MEREK, MINAT MEMBELI, PRODUK OLEH-OLEH KHAS SOLO
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 18 Oct 2011 10:20
Last Modified: 18 Oct 2011 10:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15147

Actions (login required)

View Item View Item