HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

JAMILAH, MAZIYA ZULFINA (2011) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (165kB)
[img]
Preview
PDF
03._BAB_I.pdf

Download (187kB)
[img] PDF
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] PDF
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (59kB)
[img] PDF
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)

Abstract

Guru PAI wajib memiliki kompetensi kepribadian. Tampilan kompetensi kepribadian guru akan dapat mempengaruhi sikap dan antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar sehingga akan berpengaruh pula terhadap prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap kompetensi kepribadian guru PAI dengan prestasi belajar PAI, tingkat persepsi siswa terhadap kompetensi kepribadian guru PAI dan tingkat prestasi belajar PAI. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara persepsi siswa terhadap kompetensi kepribadian guru PAI dengan prestasi belajar PAI. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala persepsi siswa terhadap kompetensi kepribadian guru PAI, dan nilai raport siswa untuk mata pelajaran PAI pada semester gasal tahun ajaran 2010/2011. Subyek penelitian berjumlah 134 siswa yang diperoleh melalui teknik cluster random sampling. Hasil analisis product moment membuktikan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi siswa terhadap kompetensi kepribadian guru PAI dengan prestasi belajar PAI, dengan sumbangan efektif sebesar 61,19%. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,345; p = 0,000 (p<0,01). Hasil analisis stepwise membuktikan bahwa secara berurutan aspek yang dominan mempengaruhi prestasi belajar PAI, yaitu: aspek kepribadian yang arif dan bijaksana (13,03%), berakhlak mulia dan menjadi teladan (10,56%), aspek kepribadian yang mantap dan stabil (9,54%). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi siswa terhadap kompetensi kepribadian guru PAI dengan prestasi belajar PAI. Artinya, semakin tinggi persepsi siswa terhadap kompetensi kepribadian guru PAI maka semakin tinggi pula prestasi belajar PAI, begitu pula sebaliknya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, Kompetensi Kepribadian Guru PAI, Prestasi Belajar PAI.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 18 Oct 2011 09:42
Last Modified: 18 Oct 2011 09:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15140

Actions (login required)

View Item View Item