PROFESIONALISME GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK PADA SEKOLAH STANDAR NASIONAL (STUDI SITUS DI SMP NEGERI 1 TAWANGMANGU)

Suyatno, Suyatno (2011) PROFESIONALISME GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK PADA SEKOLAH STANDAR NASIONAL (STUDI SITUS DI SMP NEGERI 1 TAWANGMANGU). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (144kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab VI)
08._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)

Abstract

Penelitian bertujuan : (1) Untuk mendeskripsikan sikap dan tindakan guru sebagai pendidikan profesional dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, (2) Untuk mendeskripsikan kinerja guru bersertifikat pendidik untuk menjadi tenaga profesional di bidangnya, (3) Untuk menguraikan peran kinerja guru bersertifikat pendidik dalam peningkatan mutu pembelajaran pada Sekolah Standar Nasional. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru sertifikasi, kepala sekolah dan guru non sertifikasi yang diambil dengan cara purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara mendalam (in-dept interview) dan dokumentasi. Angket dan wawancara mendalam untuk memperoleh data pelengkap. Analisis data penelitian menggunakan analisis Interactive Miles Huberman. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : (1) Kuantitas dan kualitas tenaga kependidikan di SMP Negeri I Tawangmangu sangat memadai, termasuk kinerja, diklat, status PNS dan keahlian (skill). Kompetensi guru dibangun mulai dari perekrutan, pelatihan, status sosial, kondisi lingkungan kerja pembimbingan dan pengawasan. (2) Kinerja guru bersertifikat pendidik mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan 75% guru mempunyai laptop dengan pembelajaran berbasis ICT (Information and Communications Technology). Peningkatan kinerja juga tampak dalam 4 kompetensi guru profesional, kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian dan sosial. (3) Peran kinerja guru bersertifikat pendidik dengan memenuhi 8 Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang didukung pengawasan dan Peningkatan Profesionalisme Berkesinambungan menghasilkan prestasi sekolah yang optimal.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme, guru bersertifikat pendidik, sekolah standar nasional.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Oct 2011 05:37
Last Modified: 17 Oct 2011 05:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15123

Actions (login required)

View Item View Item