RANCANG BANGUN DAN PENGUJIAN ALAT PRODUKSI GAS METANA DARI SAMPAH ORGANIK DENGAN VARIASI BAHAN SAMPAH BASAH KEBUN, SAMPAH KULIT BAWANG DAN SAMPAH KERING KEBUN

PUTRA, RONY PERMANA (2011) RANCANG BANGUN DAN PENGUJIAN ALAT PRODUKSI GAS METANA DARI SAMPAH ORGANIK DENGAN VARIASI BAHAN SAMPAH BASAH KEBUN, SAMPAH KULIT BAWANG DAN SAMPAH KERING KEBUN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (413kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)

Abstract

Sampah organik dapat diubah menjadi gas metana dengan metode gasifikasi. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan desain dan konstruksi alat produksi gas metana dari sampah organik dengan cara dibakar, lama nyala efektif pembakaran gas metana dan jumlah kalor pendidihan air. Penelitian diawali dengan perakitan alat produksi gas metana yang terdiri dari blower, tangki reaktor yang ditambah kawat kasa sebagai pembantu distribusi udara, tangki absorber, pipa pvc, keran, kompor dan beberapa alat lainnya yang di rangkai dalam satu sistem.Variasi bahan sampah organik yang digunakan dibagi menjadi tiga yaitu sampah kebun baik basah maupun kering dan sampah kulit bawang. Dari variasi sampah organik yang digunakan dicari volume air yang dapat dididihkan dan lama nyala efektif setiap 5 kg sampah organik serta perubakan temperature 1 liter air setiap 2 menit. Alat produksi gas metana terdiri dari reaktor pembakaran dengan spesifikasi: tinggi ruang bakar 560 mm, tinggi kawat kasa 500 mm, diameter kawat kasa 30 mm, diameter reaktor 570 mm, diameter ruang bakar 566 mm, diameter lubang udara 25 mm, diameter lubang gas asap 19 mm, diameter lubang pengaman 530 mm dan tinggi pengaman 50 mm sedangkan tangki absorser dengan spesifikasi: tinggi 889 mm, diameter tangki 580 mm, diameter lubang asap 19 mm dan jumlah lubang 4. Hasil pengujian setiap 5 kg sampah menunjukkan sampah kering kebun mampu mendidihkan 14 liter air dengan lama nyala efektif 160 menit dengan kalor pendidihan air sebesar 5689,46 kJ dan sampah kulit bawang mampu mendidihkan 8 liter air dengan lama nyala efektif 80 menit dengan kalor pendidihan air sebesar 3251,12 kJ sedangkan sampah basah kebun mampu mendidihkan 7 liter air dengan lama nyala efektif 82 menit dengan kalor pendidihan air sebesar 2844,73 kJ.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK D200/2011-027
Uncontrolled Keywords: Sampah Organik, Gasifikasi, Metana, Kalor
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Oct 2011 08:46
Last Modified: 03 Nov 2011 05:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15104

Actions (login required)

View Item View Item