PENGGUNAAN METODE PEMECAHAN MASALAH SISTEMATIS (SYSTEMATIC APPROACH TO PROBLEM SOLVING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PAKAH 01 NGAWI TAHUN AJARAN 2011/ 2012

ANDHINI, ANDHINI (2011) PENGGUNAAN METODE PEMECAHAN MASALAH SISTEMATIS (SYSTEMATIC APPROACH TO PROBLEM SOLVING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PAKAH 01 NGAWI TAHUN AJARAN 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN_SKRIPSI.pdf

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II )
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)

Abstract

PENGGUNAAN METODE PEMECAHAN MASALAH SISTEMATIS (SYSTEMATIC APPROACH TO PROBLEM SOLVING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PAKAH 01 NGAWI TAHUN AJARAN 2011/ 2012 Andhini, A510070250, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Pakah 01 Ngawi dalam pembelajaran Matematika sub pokok materi Soal Cerita yang Berhubungan Dengan Perkalian dan Pembagian dengan menggunakan metode Pemecahan Masalah Sistematis (Systematic Approach to Problem Solving). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas IV. Subyek yang melakukan tindakan penelitian adalah peneliti dan dibantu oleh guru kelas IV, sedangkan subyek yang menerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Pakah 01 Ngawi yang berjumlah 16 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Sedangkan obyek penelitian dalam penelitian ini adalah hasil belajar Matematika. Data dikumpulkan melalui metode tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap reduksi, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hasil ini dapat dilihat dari prosentase keberhasilan belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 70, yaitu sebelum tindakan sebanyak 56,25% (9 siswa), siklus I sebanyak 68,75% (11 siswa), dan siklus II sebanyak 87,5% (14 siswa). Serta dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata kelas, yaitu sebelum tindakan 57,5 meningkat menjadi 73,75 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 83,75 pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Pemecahan Masalah Sistematis (Systematic Approach to Problem Solving) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika SD Negeri Pakah 01 Ngawi tahun ajaran 2011/ 2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-23
Uncontrolled Keywords: Metode Pemecahan Masalah Sistematis, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2011 10:16
Last Modified: 31 Oct 2011 05:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15095

Actions (login required)

View Item View Item