PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS WACANA EKSPOSISI DENGAN METODE PEMBELAJARAN KONTEKTUAL PADA SISWA KELAS IXB SMP PENDA MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR

Suyatmin, Suyatmin (2011) PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS WACANA EKSPOSISI DENGAN METODE PEMBELAJARAN KONTEKTUAL PADA SISWA KELAS IXB SMP PENDA MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)

Abstract

Permasalahan siswa kelas IXB SMP Penda Mojogedang Kabupaten Karanganyar, dalam materi pokok menulis wacana, pada semester genap tahun pelajaran 2009/2010, masih rendah, yaitu rata-rata kelas 64,05, skor tertinggi 85,00 dan skor terendah 40,00 Tujuan penelitian ini antara lain untuk: (1) mendeskripsikan peningkatan sikap belajar kompetensi menulis wacana eksposisi pada siswa kelas IXB Sekolah Menengah Pertama Penda Karanganyar melalui metode kontektual, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar kompetensi menulis wacana eksposisi siswa kelas IXB Sekolah Menengah Pertama Penda Karanganyar melalui metode kontektual Metode penelitian tindakan (action research) dengan jenis penelitian tindakan partisipan. Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Penelitian dilakukan dengan 2 (dua) siklus dan masing-masing siklus terdiri dari planning (perencanaan), acting (tindakan), dan observing (observasi), serta reflecting refleksi). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Penda Karanganyar. Kelas yang akan menjadi objek penelitian adalah kelas IXB dengan siswa sebanyak 40 siswa. Berdasarkan hasil tindakan diperoleh hasil antara lain kelas IXB, rata- ratarata sikap belajar 83,38 pada siklus pertama naik menjadi 90,00 pada siklus kedua meningkat 6,62 poin atau 7,94%, sedangkan hasil belajar kompetensi menulis wacana eksposisi rata awal 64,05 menjadi 79,88 pada siklus pertama meningkat 15,83 poin atau 24,71% dan 81,38 pada siklus kedua meningkat 1,5 poit atau 1,88%. Simpulan dalam penelitian tindakan ini antara lain: (1) metode kontektual dapat meningkatan sikap belajar kompetensi menulis wacana eksposisi pada siswa kelas IXB Sekolah Menengah Pertama Penda Mojogedang Karanganyar, dan (2) metode kontektual dapat meningkatan hasil belajar kompetensi menulis wacana eksposisi siswa kelas IXB Sekolah Menengah Pertama Penda Mojogedang Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Additional Information: RAK S200/2011-02
Uncontrolled Keywords: wacana ekspisisi, dan kontektual
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Oct 2011 06:36
Last Modified: 14 Nov 2011 06:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15088

Actions (login required)

View Item View Item