PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN PEGAWAI PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT JATENG

Riyanto, Riyanto (2011) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN PEGAWAI PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT JATENG. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF (bap1)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (bap2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (bap3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (bap4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (bap5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor karakteristik budaya organisasi yang berupa inovasi dan pengambilan resiko, perhatian ke rincian, orientasi hasil, keagresifan, dan kemantapan berpengaruh terhadap komitmen pegawai BPR Jateng Semarang dan untuk mengetahui faktor karakteristik budaya organisasi yang berupa inovasi dan pengambilan resiko, perhatian ke rincian, orientasi hasil, keagresifan, dan kemantapan berpengaruh terhadap komitmen pegawai BPR Jateng Semarang secara bersama-sama. Lokasi penelitian ini berada di BPR Jateng Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan di BPR Jateng Semarang sejumlah 64 orang. Dengan menggunakan teknik ini maka semua populasi yang ada d dalam penelitian ini digunakan sebagai sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah para karyawan di BPR Jateng Semarang berjumlah 64 orang. Hasil uji regresi linier berganda menunjukkan hasil: 3,747 + 0,338 X1 - 0,024 X2 + 0,322 X3 + 0,208 X4 + 0,169 + e Persamaan tersebut menunjukkan inovasi dan pengambilan resiko berpengaruh positif pada komitmen pegawai, perhatian pada detail berpengaruh negatif pada komitmen pegawai, orientasi hasil berpengaruh positif pada komitmen pegawai, keagresifan berpengaruh positif pada komitmen pegawai, kemantapan berpengaruh positif pada komitmen pegawai. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan variabel inovasi dan pengambilan resiko mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap komitmen pegawai, variabel perhatian pada detail tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap komitmen pegawai, variabel orientasi hasil mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap komitmen pegawai, variabel keagresifan, mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap komitmen pegawai, dan variabel kemantapan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap komitmen pegawai. Hasil pengujian hipotesis simultan menunjukkan pengambilan resiko, perhatian pada detail, orientasi hasil, keagresifan, dan kemantapan secara serentak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap komitmen pegawai. Hasil analisis koefisien determinasi diketahui bahwa besarnya nilai R2 adalah 0,902 yang berarti kemampuan variabel-variabel bebas (pengambilan resiko, perhatian pada detail, orientasi hasil, keagresifan, dan kemantapan) dalam menjelaskan variabel terikat (komitmen pegawai) adalah sebesar 90,2% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar model regresi.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Additional Information: RAK P100/2011-07
Uncontrolled Keywords: inovasi dan pengambilan resiko, perhatian ke rincian, orientasi hasil, keagresifan, kemantapan, komitmen
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 12 Oct 2011 10:14
Last Modified: 14 Nov 2011 05:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15080

Actions (login required)

View Item View Item