PENGELOLAAN PEMBELAJARAN SISWA BERBASIS TEMAN SEBAYA DI SMK NEGERI 6 SURAKARTA

Indaruwati, Indaruwati (2011) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN SISWA BERBASIS TEMAN SEBAYA DI SMK NEGERI 6 SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (115kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui ciri-ciri pembelajaran siswa berbasis teman sebaya di SMK Negeri 6 Surakarta. (2) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran siswa berbasis teman sebaya di SMK Negeri 6 Surakarta. (3) Mengetahui hasil pembelajaran siswa berbasis teman sebaya di SMK Negeri 6 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 6 Surakarta. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi berpartisipasi, interview atau wawancara, dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian kualitatif terdiri dari tiga komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan dengan verifikasinya. Hasil penelitian ini adalah (1) Pembelajaran siswa berbasis teman sebaya dilakukan dengan membagi kelas menjadi kelompok-kelompok kecil, kelompokkelompok kecil melakukan aktivitas belajar secara kooperatif, yang berarti siswa tidak menuntaskan suatu materi dengan belajar individu melainkan belajar bersama, saling membantu, dan bertukar pikiran dengan siswa lainnya. Kelompok siswa dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang, rendah. Dalam kelompok terdapat keragaman pada aspek kemampuan akademik, sehingga siswa dengan daya serap terhadap materi yang rendah dapat dibantu oleh teman yang lebih menguasai materi pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan persiapan guru memanggil beberapa siswa yang memiliki kemampuan tinggi untuk mempelajari kompetensi dasar tertentu yang nantinya disampaikan kepada teman lain dalam kelompok. Pembelajaran dilakukan oleh siswa yang memiliki kemampuan tinggi, yang dilanjutkan dengan diskusi kelompok, yang dipandu oleh teman yang berkemapuan tinggi. Dalam pembelajaran Guru berperan sebagai fasilitator dan membantu siswa apabila menemukan kebutuan dalam kelompok. (3) Hasil pembelajaran siswa berbasis teman sebaya dapat dilihat dari hasil kelompok dan hasil individu, melalui tes dan observasi. Secara keseluruhan hasil yang dicapai oleh siswa dalam mengikuti pembelajaran berbasis teman sebaya mengalami peningkatan. Hasil lain dari pembelajaran berbasis teman sebaya adalah adanya peningkatan kerjasama dan kerukunan siswa, dan meningkatnya kepercayaan diri pada siswa yang dijadikan Tutor dalam kelompok.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: ciri-ciri pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, hasil pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Oct 2011 04:34
Last Modified: 12 Oct 2011 04:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15068

Actions (login required)

View Item View Item