PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KREATIF (STUDI SITUS DI SMP NEGERI 1 WONOGIRI)

DWILAKSMINTO, YUDHO (2011) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KREATIF (STUDI SITUS DI SMP NEGERI 1 WONOGIRI). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN_TESIS.pdf

Download (157kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Lampiran)
DAF_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)

Abstract

Pembelajaran yang kreatif adalah suatu proses pembelajaran yang menciptakan suasana proses belajar mengajar yang menyenangkan dan tidak menimbulkan kebosanan pada siswa. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pengelolaan pembelajaran yang kreatif pada bidang studi Matematika di SMP Negeri 1 Wonogiri. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan karakteristik pengelolaan materi pembelajaran matematika kreatif (2). Untuk mendiskripsikan karakteristik pengelolaan hubungan antara guru dan siswa dalam pembelajaran matematika kreatif.(3)Untuk mendiskripsikan strategi pengelolaan pembelajaran matematika kreatif. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnografi yang mengambil lokasi di SMP Negeri 1 Wonogiri. Sumber data diperoleh dari informan, peristiwa dan dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Wakil Kepala Sekolah , guru bidang studi matematika, dan siswa. Peristiwa dalam penelitian ini proses pembelajaran yang kreatif dalam upaya menciptakan pembelajaran yang dapat menimbulkan suasana pembelajaran yang menyenangkan sedang dokumen yang dimaksud dalam penelitian ini adalah dokumen yang berkaitan dengan catatan-catatan, foto yang berkaitan dengan proses pembelajaran yang kreatif. Data-data yang terkumpul dianalisis dengan analisis model interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat dikemukakan berikut ini: 1). Karakteristik Materi Matematika memberikan keahlian (a) keterampilan membaca matematika (b) mengkomunikasikan ide dan informasi,(c) pemahaman terhadap simbol, gambar, dan atau pola matematika d) bekerja sama dengan orang lain dan dalam kelompok, (e) menggunakan ide dan teknik matematika, (f) memecahkan masalah, dan (g) menggunakan ICT. 2). Karakteristik Hubungan interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran adalah kegiatan interaksi antara dua unsur manusiawi, dimana guru sebagai pihak yang mengajar dan siswa sebagai pihak yang belajar. 3) Karakteristik Strategi Pengelolaan Pembelajaran matematika dapat dilakukan secara kreatif. Tahapan pengelolaan pembelajaran yang kreatif adalah a). Melakukan perencanaan pembelajaran yang kreatif, b). Melakukan pelaksanaan pembelajaran yang kreatif, c). Melakukan evalusi pembelajaran yang kreatif, d).Melakukan tindak evaluasi pembelajaran yang kreatif . Kata Kunci: pengelolaan, pembelajaran , kreatif

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, pembelajaran , kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 11 Oct 2011 09:42
Last Modified: 11 Oct 2011 09:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15060

Actions (login required)

View Item View Item