Pembelajaran Produktif yang Menyenangkan di Jurusan Teknik Listrik Pemakaian SMK Negeri 1 Miri Sragen Tahun 2010/2011.

Sutarno, Sutarno (2011) Pembelajaran Produktif yang Menyenangkan di Jurusan Teknik Listrik Pemakaian SMK Negeri 1 Miri Sragen Tahun 2010/2011. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Judul.pdf

Download (327kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3_BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
4_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab III)
5_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab IV)
6_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] PDF (Bab V)
7_BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img]
Preview
PDF (Bab VI)
8_BAB_VI.pdf

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9_Daftar_Pustaka.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah mendiskripsikan ciri-ciri desain kelas pembelajaran produktif yang menyenangkan, mendiskripsikan ciri-ciri interaksi siswa dan guru pembelajaran produktif yang menyenangkan, mendiskripsikan karakteristik pengelolaan materi pembelajaran produktif yang menyenangkan. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Teknik Listrik Pemakaian SMK Negeri 1 Miri Sragen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Wawancara mendalam, observasi dan dokumen digunakan untuk pengambilan data di lapangan. Pengambilan data melibatkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, ketua jurusan dan guru. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian setelah pengumpulan data (1) merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting untuk dicari tema dan polanya, (2) menyajikan data dalam bentuk uraian, (3) adalah penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data mwnggunakan kriteria keabsahan data kredibilitas atau derajat kepercayaan (credibility), dengan teknik pemeriksaan melalui (1) memperpanjang keikutsertaan dalam penelitian, (2) ketekunan pengamatan, (3) trianggulasi dan (4) pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain kelas pembelajaran ditentukan oleh penataan ruang kelas dan sarana prasarana ruang kelas. Penataan ruang kelas yang optimal akan memberikan kemudahan dalam pembelajaran guru dan siswa. Perawatan sarana prasarana ruang kelas akan mengoptimalkan usia pakai sarana prasarana tersebut. Penataan ruang kelas dan sarana prasarana ruang kelas akan memberikan kenyamanan guru dan siswa dalam pembelajaran. Dalam interaksi pembelajaran guru menjadi motivator dan fasilitator pembelajaran untuk membantu siswa dalam menempatkan diri sebagai sentral atau pelaku pembelajaran. Hubungan komunikasi yang dibangun melalui (1) pendekatan individual yaitu untuk memperhatikan perbedaan anak didik pada aspek individual, (2) pendekatan kelompok yaitu anak didik yang dibiasakan hidup bersama, bekerja sama dalam kelompok akan menyadari bahwa dirinya ada kekurangan dan kelebihan, (3) pendekatan edukatif. Setiap tindakan, sikap, dan perbuatan yang guru lakukan harus bernilai pendidikan, dengan tujuan untuk mendidik anak didik agar menghargai norma hukum, norma susila, norma moral, norma sosial, dan norma agama. Otonomi khusus jurusan memberikan kemudahan dalam pengembangan dan peningkatan kompetensi siswa. Pembelajaran yang dilakukan di Jurusan Listrik Pemakaian SMK Negeri 1 Miri Sragen dilakukan dengan team teaching dan melibatkan dunia industri.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran produktif, pembelajaran menyenangkan, interaksi, sarana – prasarana.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Oct 2011 07:13
Last Modified: 11 Oct 2011 07:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15054

Actions (login required)

View Item View Item