PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BERBASIS SEKOLAH (Studi Situs SMPN 7 Klaten)

Setiyawati, Rosalia Yusri (2011) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BERBASIS SEKOLAH (Studi Situs SMPN 7 Klaten). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Judul.pdf

Download (77kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
DATA_BAB-1-ROSALIA.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Bab II)
DATA_BAB-2-ROSALIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab III)
DATA_BAB-3-ROSALIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab IV)
DATA_BAB-4-ROSALIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Bab V)
DATA_BAB-5-ROSALIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab VI)
DATA_BAB-6-ROSALIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DATA_DAFTAR_PUSTAKA-ROSALIA.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
DATA_LAMPIRAN-LAMPIRAN-ROSALIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)

Abstract

Fokus dalam penelitian adalah bagaimana peningkatan kualitas pembelajaran berbasis sekolah di SMP Negeri 7 Klaten. Fokus tersebut dirinci menjadi tiga subfokus: 1) Bagaimana perencanaan peningkatan kualitas pembelajaran berbasis sekolah di SMP Negeri 7 Klaten?; 2) Bagaimana model pelaksanaan peningkatan kualitas pembelajaran berbasis sekolah di SMP Negeri 7 Klaten?; 3) Bagaimana model penentuan kualitas pembelajaran berbasis sekolah di SMP Negeri 7 Klaten?. Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan perencanaan peningkatan kualitas pembelajaran berbasis sekolah di SMP Negeri 7 Klaten; 2) Mendeskripsikan model pelaksanaan peningkatan kualitas pembelajaran berbasis sekolah di SMP Negeri 7 Klaten; 3) Menemukan model penentuan kualitas pembelajaran berbasis sekolah di SMP Negeri 7 Klaten. Jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara dan observasi, sekaligus peneliti disini bertindak sebagai instrumen kunci. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan peningkatan kualitas pembelajaran berbasis sekolah di SMP Negeri 7 Klaten dapat dilihat dari manajemen kurikulum dan program pengajaran yang meliputi perencanaan PBM, evaluasi PBM, manajemen siswa, manajemen ketenagaan, manajemen sarana dan prasarana pendidikan, manajemen anggaran/biaya, dan manajemen hubungan sekolah dan masyarakat; (2) Dilihat dari model peningkatan kualitas pembelajaran berbasis sekolah di SMP Negeri 7 Klaten terlihat bahwa dari tahun ke tahun terdapat peningkatan prestasi yaitu mendapatkan hasil/produk/output berupa peningkatan prestasi akademik maupun peningkatan prestasi non-akademik yang cukup baik; (3) Model peningkatan kualitas pembelajaran berbasis sekolah di SMP Negeri 7 Klaten menggunakan model pembelajaran berbasis sekolah, dimana peran personel guru, staf, siswa, dan skott holder terlibat aktif dalam berbagai kegiatan pembelajaran berbasis sekolah. Guru mengembangkan berbagai metode dan berbagai media pembelajaran, serta memanfaatkan lingkungan untuk belajar. Pembelajaran berbasis sekolah membantu siswa mempermudah mempelajari suatu bidang studi, siswa belajar tanpa tekanan, siswa merasa dihargai, diperhatikan dan dipenuhi hak-haknya sebagai peserta didik. Siswa dilatih untuk menemukan konsep sendiri, memecahkan masalah, mengungkapkan gagasannya, dan mengembangkan kemampuan yang dimilikinya.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, manajemen berbasis sekolah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Oct 2011 03:44
Last Modified: 11 Oct 2011 03:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15042

Actions (login required)

View Item View Item