PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI, KECAKAPAN BERKOMUNIKASI DAN RELASI SOSIAL TERHADAP LIFE SKILL SISWA SMK PANCASILA 6 JATISRONO

SULARDI, SULARDI (2010) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI, KECAKAPAN BERKOMUNIKASI DAN RELASI SOSIAL TERHADAP LIFE SKILL SISWA SMK PANCASILA 6 JATISRONO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (614kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (312kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)

Abstract

Kurikulum berbasis kompetensi adalah acuan untuk menyelenggarakan pendidikan pada tiap jenjang pendidikan. Pendidikan berbasis kompetensi adalah pendidikan yang menekankan pada kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, mencakup komponen pengetahuan, keterampilan, kecakapan, kemandirian, kreatifitas, kesehatan, akhlak, ketakwaan, dan kewarganegaraan. Sedangkan implikasi penerapan pendidikan berbasis kompetensi adalah perlunya pengembangan silabus dan sistem penilaian yang menjadikan peserta didik mampu mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan standar yang ditetapkan dengan mengintegrasikan life skill (Depdiknas, 2003, Pedoman khusus pengembangan silabus dan penilaian kurikulum 2004). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi yang signifikan antara variabel motivasi berprestasi, kemampuan berkomunikasi, dan relasi sosial terhadap life skill siswa. Teknik analisis data dalam tesis ini digunakan analisis regresi ganda menggunakan program komputer SPSS 15. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Y=0,753+0,139X1+0,292X2+0,544X3+e. Diperoleh hasil thitung variabel motivasi berprestasi terhadap life skill siswa sebesar 2,439. Nilai thitung (2,439) > ttabel (2,001), maka kesimpulannya adalah menolak H0 dan menerima H1 yaitu ada pengaruh yang signifikan antara motivasi berprestasi (X1) terhadap life skill siswa (Y). Uji t variabel kecakapan berkomunikasi terhadap life skill siswa sebesar 4,490. Nilai thitung (4,490) > ttabel (2,001), maka kesimpulannya adalah menolak H0 dan menerima H1 yaitu ada pengaruh yang signifikan antara kecakapan berkomunikasi (X2) terhadap life skill siswa (Y). Uji t variabel relasi sosial terhadap life skill siswa sebesar 6,431. Nilai thitung (6,431) > ttabel (2,001), maka kesimpulannya adalah menolak H0 dan menerima H1 yaitu ada pengaruh yang signifikan antara relasi sosial (X3) terhadap life skill siswa (Y). Berdasarkan hasil uji t ini maka variabel relasi sosial merupakan variabel yang dominal terhadap life skill siswa. Sedangkan dari uji F diperoleh Fhitung sebesar 229,527 dengan angka signifikan 0,000, sehingga nilai Fhitung (229,527) > Ftabel (2,60) maka H0 ditolak dan menerima H1 yaitu ada pengaruh yang signifikan antara motivasi berprestasi, kecakapan berkomunikasi, dan relasi sosial berpengaruh terhadap life skill siswa. Berdasarkan hasil perhitungan Sumbangan Relatif dan Sumbangan Efektif maka variabel relasi sosial memiliki pengaruh yang lebih besar (dominan) terhadap life skill siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Life Skill, Motivasi Berprestasi, Kecakapan Berkomunikasi, Relasi Sosial, SMK Pancasila 6 Jatisrono.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Oct 2011 06:16
Last Modified: 10 Oct 2011 06:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15039

Actions (login required)

View Item View Item