KONTRIBUSI STRES KERJA, DISIPLIN KERJA, KOMPETENSI GURU TERHADAP PROFESIONALITAS GURU DI SD NEGERI SE-KECAMATAN CAWAS KLATEN

Jumanto, Jumanto (2011) KONTRIBUSI STRES KERJA, DISIPLIN KERJA, KOMPETENSI GURU TERHADAP PROFESIONALITAS GURU DI SD NEGERI SE-KECAMATAN CAWAS KLATEN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi (1) stres kerja guru, disiplin kerja guru, kompetensi guru terhadap profesionalitas guru di SD se- Kecamatan Cawas Klaten; (2) stres kerja guru terhadap profesionalitas guru di SD se-Kecamatan Cawas Klaten; dan (3) disiplin kerja guru terhadap profesionalitas guru di SD se-Kecamatan Cawas Klaten; dan (4) kompetensi guru terhadap profesionalitas guru di SD se-Kecamatan Cawas Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SD se-Kecamatan Cawas Klaten yang berjumlah 178 guru dan sampelnya adalah 119 guru. Penentuan sampling dengan menggunakan proporsional random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda dengan uji prasyarat analisis ada yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi variabel stress kerja, disiplin kerja, kompetensi guru terhadap profesionalitas guru SD Negeri Kecamatan Cawas Klaten secara simultan, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan nilai R² sebesar 0,481 berarti variabel stress kerja, disiplin kerja, kompetensi guru secara bersama-sama dapat menjelaskan variabel profesionalitas guru sebesar 48,1%. Sedangkan sisanya sebesar 51,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti; (2) terdapat kontribusi variabel stress kerja terhadap profesionalitas guru SD Negeri Kecamatan Cawas Klaten, hal ini ditunjukkan dengan signifikansi = 0,000 < 0,05 dengan besarmya sumbangan efektif yang diberikan terhadap kemampuan profesionalitas guru sebesar 13,37%; (3) terdapat kontribusi variabel disiplin kerja terhadap profesionalitas guru SD Negeri Kecamatan Cawas Klaten, hal ini ditunjukkan dengan signifikansi = 0,026 < 0,05 dengan besarmya sumbangan efektif yang diberikan terhadap profesionalitas guru sebesar 19,58%; dan (4) terdapat kontribusi variabel kompetensi guru terhadap profesionalitas guru SD Negeri Kecamatan Cawas Klaten, hal ini ditunjukkan dengan signifikansi = 0,000 < 0,05 dengan besarmya sumbangan efektif yang diberikan terhadap profesionalitas guru sebesar 15,52%.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: stres kerja, disiplin kerja, kompetensi guru, profesionalitas guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Oct 2011 04:52
Last Modified: 10 Oct 2011 04:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15036

Actions (login required)

View Item View Item