Jumanto, Jumanto (2011) KONTRIBUSI STRES KERJA, DISIPLIN KERJA, KOMPETENSI GURU TERHADAP PROFESIONALITAS GURU DI SD NEGERI SE-KECAMATAN CAWAS KLATEN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (53kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (37kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi (1) stres kerja guru, disiplin kerja guru, kompetensi guru terhadap profesionalitas guru di SD se- Kecamatan Cawas Klaten; (2) stres kerja guru terhadap profesionalitas guru di SD se-Kecamatan Cawas Klaten; dan (3) disiplin kerja guru terhadap profesionalitas guru di SD se-Kecamatan Cawas Klaten; dan (4) kompetensi guru terhadap profesionalitas guru di SD se-Kecamatan Cawas Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SD se-Kecamatan Cawas Klaten yang berjumlah 178 guru dan sampelnya adalah 119 guru. Penentuan sampling dengan menggunakan proporsional random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda dengan uji prasyarat analisis ada yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi variabel stress kerja, disiplin kerja, kompetensi guru terhadap profesionalitas guru SD Negeri Kecamatan Cawas Klaten secara simultan, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan nilai R² sebesar 0,481 berarti variabel stress kerja, disiplin kerja, kompetensi guru secara bersama-sama dapat menjelaskan variabel profesionalitas guru sebesar 48,1%. Sedangkan sisanya sebesar 51,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti; (2) terdapat kontribusi variabel stress kerja terhadap profesionalitas guru SD Negeri Kecamatan Cawas Klaten, hal ini ditunjukkan dengan signifikansi = 0,000 < 0,05 dengan besarmya sumbangan efektif yang diberikan terhadap kemampuan profesionalitas guru sebesar 13,37%; (3) terdapat kontribusi variabel disiplin kerja terhadap profesionalitas guru SD Negeri Kecamatan Cawas Klaten, hal ini ditunjukkan dengan signifikansi = 0,026 < 0,05 dengan besarmya sumbangan efektif yang diberikan terhadap profesionalitas guru sebesar 19,58%; dan (4) terdapat kontribusi variabel kompetensi guru terhadap profesionalitas guru SD Negeri Kecamatan Cawas Klaten, hal ini ditunjukkan dengan signifikansi = 0,000 < 0,05 dengan besarmya sumbangan efektif yang diberikan terhadap profesionalitas guru sebesar 15,52%.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | stres kerja, disiplin kerja, kompetensi guru, profesionalitas guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Oct 2011 04:52 |
Last Modified: | 10 Oct 2011 04:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15036 |
Actions (login required)
View Item |