PROFIL GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK (STUDI DI SD NEGERI BENDUNGAN 1 KABUPATEN SRAGEN)

SUKAMTO, SUKAMTO (2011) PROFIL GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK (STUDI DI SD NEGERI BENDUNGAN 1 KABUPATEN SRAGEN). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (145kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
TESIS_BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
TESIS_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab III)
TESIS_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
TESIS_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab V)
TESIS_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab VI)
TESIS_BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan ciri-ciri guru bersertifikat pendidik. 2) Mendeskripsikan ciri-ciri implementasi profesional guru dalam penyelenggaraan pendidikan. 3) Mendeskripsikan ciri-ciri pendukung dan penghambat dalam melaksanakan implementasi profesional guru di SD Negeri Bendungan 1 Kabupaten Sragen. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif etnografis. Penelitian ini berlokasi di SDN Bendungan 1 Kabupaten Sragen. Sumber data yang digunakan adalah arsip dan foto. Nara sumber dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru bersertifikat pendidik dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan, verifikasi. Keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan metode. Simpulan penelitian ini ; 1) Profil guru bersertifikat pendidik yaitu tampilan dalam tugasnya mulai dari raut muka, perilaku dan penerapan pembelajaran di sekolah, guru-guru sangat berbeda dan bervariasi. 2) Kompetensi guru baik profesional, pedagogik, kepribadian dan sosial belum maksimal dalam implementasinya di sekolah. 3) Kemampuan mengelola daya dukung dan penghambat dalam melaksanakan implementasi profesional guru SDN Bendungan 1 belum dilakukan secara maksimal. Penampilan guru bersertifikat pendidik di dalam dan di luar kelas belum menunjukkan sikap stabil, mantab arif dan bijaksana disukai siswa serta teladan teman sejawatnya secara maksimal. Tampak belum semua guru menerapkan PAIKEM bahkan ada yang monoton. Kurang memanfaatkan kegiatan KKG sebagai wadah profesional. Pengelolaan daya dukung dan penghambat penerapan profesional belum diatasi secara dalam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat sebagai masukan bagi pihak terkait dalam upaya mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Profil Guru, Bersertifikat Pendidik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Oct 2011 04:40
Last Modified: 10 Oct 2011 04:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15035

Actions (login required)

View Item View Item