ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN INFORMASI OBAT DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT ORTOPEDI SURAKARTA PERIODE MARET – MEI 2011

MAWALIYA , WIFDA (2011) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN INFORMASI OBAT DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT ORTOPEDI SURAKARTA PERIODE MARET – MEI 2011. Skripsi thesis, UMS.

[img]
Preview
PDF
COVER-INTISARI.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_1.pdf

Download (42kB)
[img] PDF
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (664kB)

Abstract

Banyaknya obat yang memberi manfaat terapi haruslah diimbangi dengan pelayanan informasi obat dengan tujuan memberikan pengetahuan serta pemahaman pada pasien dalam mencegah penggunaan obat yang salah. Instalasi Farmasi Rumah Sakit Ortopedi Surakarta telah melaksanakan pelayanan informasi obat, akan tetapi bila pelaksanaan pelayanan informasi obat yang diberikan kurang berkualitas, dapat menyebabkan ketidakpuasan bagi pasien. Dari permasalahan tersebut, peneliti ingin mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan informasi obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Ortopedi Surakarta Penelitian ini meupakan penelitian non eksperimental dengan analisis deskriptif dan dilakukan secara observasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel penelitian sebanyak 331 responden. Data penelitian diperoleh dari kuesioner yang terdiri dari kuesioner kinerja dan kuesioner harapan. Analisis kepuasan dilakukan dengan menggunakan skala likert, kemudian data ditampilakan dalam bentuk diagram kartesius. Hasil penelitian menunjukan pada dimensi reliability, rata-rata pasien sebesar 0,61 menunjukkan pasien merasa puas. Dimensi responsivenes rata-rata pasien sebesar 0,61 menunjukkan pasien merasa puas. Dimensi assurance rata- rata pasien sebesar 0,65 menunjukkan pasien merasa puas. Dimensi empaty rata- rata pasien sebesar 0,67 menunjukkan pasien merasa puas. Dimensi tangible rata- rata pasien sebesar 0,75 menunjukkan pasien merasa merasa cukup puas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Informasi Obat, Kepuasan Pasien, Dimensi reliability, Dimensi responsiveness, Dimensi assurance, Dimensi empaty, Dimensi tangible
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Siti Nuzilah
Date Deposited: 07 Oct 2011 09:43
Last Modified: 07 Oct 2011 09:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15020

Actions (login required)

View Item View Item