PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNATIONAL DI SMA NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN 2009/2010

JAKA, SRI (2011) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNATIONAL DI SMA NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN 2009/2010. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img]
Preview
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendiskripsikan pengelolaan materi pembelajaran Biologi pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMA Negeri I Boyolali; (2) mendiskripsikan interaksi siswa dalam pembelajaran Biologi pada Rintisan Sekolah Bertaraf International di SMA Negeri I Boyolali; (3) Mendiskripsikan evaluasi pembelajaran Biologi pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di SMA Negeri I Boyolali. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian kualitatif menggunakan desain penelitian studi kasus. Lokasi yang diambil di SMA Negeri 1 Boyolali. Nara sumber dalam penelitian ini berupa data yang berasal baik dari dokumen sekolah maupun hasil wawancara dari guru, kepala sekolah, siswa, dan komite sekolah. Dan teknik analisa data adalah menggunakan situs tunggal. Hasil penelitian ini adalah: 1) pengelolaan materi pembelajaran Biologi dilakukan dengan menyelenggarakan pembelajaran yang didasarkan pada perencanaan pembelajaran yang disebut perangkat mengajar yang berisi kalender pendidikan, program tahunan, perhitungan dan penggunaan jam, program semester, program kegiatan praktikum, standar ketuntasan belajar minimal, rancangan pembelajaran, silabus, agenda kegaiatan harian, serta daftar nilai siswa. Perencanaan pembelajaran dilakukan setiap satu tahun sekali yang terdiri dari dua semester dan disusun dalam dua bahasa (billingual). Perangkat mengajar ditandatangani oleh guru yang bersangkutan dan diketahui oleh kepala sekolah. Perencanaan pembelajaran tahun 2009/2010 masih terdapat kesamaan dengan perencanaan pembelajaran tahun 2008/2009. Selain itu, guru Biologi juga melakukan adaptasi terhadap media pendidikan yang digunakan dalam proses pembelajaran biologi; 2) interaksi siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan baik. Banyak siswa yang aktif dalam proses pembelajaran. Siswa dapat memberikan pertanyaan dan/ atau sanggahan terhadap guru. Selain itu, siswa juga mendiskusikan materi-materi tertentu pada pelajaran Biologi baik secara mandiri maupun karena diberikan tugas oleh guru untuk berdiskusi. Interaksi siswa terhadap materi pembelajaran dilakukan dengan cara mengakses materi dari buku paket biologi, LKS, carta, serta buku referensi lain yang mendukung, serta mengakses perpustakaan untuk mencari sumber materi dengan cara saling mengajak antara satu siswa dengan siswa yang lain; 3) Evaluasi pembelajaran biologi sudah cukup sistematis atau terprogram dengan baik. Evaluasi pembelajaran dilakukan dalam tingkat perorangan dengan memberikan tugas perorangan dan juga kelompok dengan memberikan tugas kelompok. Evaluasi diadakan dengan menyusun indikator tertentu dalam pembelajaran Biologi yang disebut dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 68 dengan kriteria dalam segi kompleksitas, sumber daya pendukung, dan intake siswa. Evaluasi juga dilakukan dengan menyusun jurnal pembelajaran yang berisi isian mengenai jalannya proses pembelajaran pada setiap pertemuan. Jurnal pembelajaran disampaikan dalam dua bahasa (billingual).

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Pembelajaran Biologi, Sekolah Bertaraf International (RSBI)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Oct 2011 09:44
Last Modified: 07 Oct 2011 09:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15019

Actions (login required)

View Item View Item