PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN TERHADAP TINDAKAN SWAMEDIKASI BATUK PADA MASYARAKAT DI KELURAHAN GROBOGAN KECAMATAN GROBOGAN KABUPATEN GROBOGAN

FADILAH, NURUL (2011) PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN TERHADAP TINDAKAN SWAMEDIKASI BATUK PADA MASYARAKAT DI KELURAHAN GROBOGAN KECAMATAN GROBOGAN KABUPATEN GROBOGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (178kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
BAB_1.pdf

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (107kB)
[img]
Preview
PDF (pernyataan)
SURAT_PERNYATAAN_PUBLIKASI.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (bab.2)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (bab.3)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (bab.4)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)

Abstract

Berdasarkan penelitian perilaku masyarakat terhadap timbulnya gejala penyakit yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan RI, didapat data kuantitatif yaitu memakai obat dijual bebas (63%). Persentase penderita sakit yang melakukan pengobatan sendiri cukup besar. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan masyarakat tentang swamedikasi batuk dan seberapa besar pengaruh tingkat pengetahuan terhadap tindakan swamedikasi batuk pada masyarakat di Kelurahan Grobogan. Penelitian dilakukan dengan rancangan cross sectional dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner yang diberikan kepada 157 responden dengan metode sampling cluster. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagi dalam tiga bagian yaitu karakteristik responden, pernyataan tingkat pengetahuan, dan pernyataan tindakan swamedikasi obat batuk. Pengujian pengaruh tingkat pengetahuan tentang swamedikasi batuk terhadap tindakan swamedikasi batuk yang diuji dengan analisis Chi-Square pada tingkat signifikansi 95%. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya pengaruh tingkat pengetahuan tentang swamedikasi batuk terhadap tindakan swamedikasi batuk pada masyarakat di Kelurahan Grobogan Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan. Hubungan antara pengetahuan dan tindakan swamedikasi tidak signifikan (p= 0,403).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK K100/2011-029
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Swamedikasi, Batuk
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 07 Oct 2011 09:27
Last Modified: 10 Nov 2011 07:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15018

Actions (login required)

View Item View Item