KONTRIBUSI PELAYANAN ADMINISTRASI, PELAYANAN AKADEMIK, DAN PELAYANAN SARANA PRASARANA TERHADAP PRESTASI SEKOLAH (Studi Kasus SMK Se Surakarta)

RACHIMAH, MUNY (2011) KONTRIBUSI PELAYANAN ADMINISTRASI, PELAYANAN AKADEMIK, DAN PELAYANAN SARANA PRASARANA TERHADAP PRESTASI SEKOLAH (Studi Kasus SMK Se Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Muka.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui kontribusi Pelayanan Administrasi, Pelayanan Akademik, dan Pelayanan Sarana Prasarana terhadap Prestasi Sekolah; 2) menjelaskan variabel yang memiliki kontribusi paling dominan antara Pelayanan Administrasi, Pelayanan Akademik, dan Pelayanan Sarana Prasarana terhadap Prestasi Sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Se Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI (sebelas) atau kelas II (dua) SMK se Surakarta sebanyak 47 sekolah. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan kuesioner atau angket. Penyusunan instrumen penelitian menggunakan angket dalam bentuk skala sikap dari likert, digunakan untuk memperoleh informasi pelayanan administrasi (X1), pelayanan akademik (X2), pelayanan sarana dan prasarana (X3) dan prestasi sekolah (Y). Kemudian uji coba instrumen dilakukan kepada 50 responden di luar sampel penelitian. Adapun teknik penyajian data yaitu: editing, coding, dan tabulasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Kesimpulan yang dapat diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Variabel Pelayanan Administrasi (X1), Pelayanan Akademik (X2), dan Pelayanan Sarana Prasarana (X3) terhadap Prestasi Sekolah (Y), mempunyai kontribusi secara parsial adalah sebesar 0,563, 0,366, dan 0,556. Secara parsial kontribusi ketiga variabel tersebut terhadap prestasi sekolah adalah signifikan atau berarti; (2) Variabel Pelayanan Administrasi (X1) berpengaruh terhadap Prestasi Sekolah (Y) di SMK se Surakarta dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan sumbangan efektif sebesar 21,1%. Dengan demikian semakin baik pelayanan administrasi di SMK se Surakarta maka semakin tinggi prestasi sekolah yang dapat dicapai; (3) Variabel Pelayanan Akademik (X2) berpengaruh terhadap Prestasi Sekolah (Y) di SMK se Surakarta dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan sumbangan efektif sebesar 15,0%. Dengan demikian semakin baik pelayanan akademik di SMK se Surakarta maka semakin tinggi prestasi sekolah yang dapat dicapai; (4) Variabel Pelayanan Sarana Prasarana (X3) berpengaruh terhadap Prestasi Sekolah (Y) di SMK se Surakarta dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan sumbangan efektif sebesar 23,1%. Dengan demikian semakin baik pelayanan sarana prasarana di SMK se Surakarta maka semakin tinggi prestasi sekolah yang dapat dicapai; (5) Kontribusi yang paling dominan di antara Pelayanan Administrasi, Pelayanan Akademik, dan Pelayanan Sarana Prasarana terhadap Prestasi Sekolah adalah pelayanan Sarana Prasarana. Hal ini menunjukkan bahwa pelayanan Sarana Prasarana tersebut merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan sebagai prioritas utama untuk meningkatkan prestasi sekolah, khususnya bagi Sekolah Menengah Kejuruan. Sebagai sekolah kejuruan yang harus mempersiapkan skill dan kemampuan, SMK harus dapat menyediakan fasilitas sarana dan prasarana.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Administrasi, Pelayanan Akademik, Pelayanan Sarana Prasarana, Prestasi Sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Oct 2011 04:22
Last Modified: 07 Oct 2011 04:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15007

Actions (login required)

View Item View Item