Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Dalam Mempengaruhi Ketidakpatuhan Akseptor Keluarga Berencana Jenis Kontrasepsi Oral Di Upt Puskesmas PajangSurakarta

HARTANTI, SRI (2011) Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Dalam Mempengaruhi Ketidakpatuhan Akseptor Keluarga Berencana Jenis Kontrasepsi Oral Di Upt Puskesmas PajangSurakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
2._COVER-_INTISARI.pdf

Download (105kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
3.__BAB_I.pdf

Download (77kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf

Download (154kB)
[img]
Preview
PDF (pernyataan)
1._SURAT_PERNYATAAN_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (bab.2)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (bab.3)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (bab.4)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)

Abstract

Bagi Keluarga yang mengikuti program Keluarga Berencana memiliki tujuan untuk menunda kehamilan atau menunda memiliki anak setelah ibu melahirkan pada anak pertama atau anak berikutnya. Dari 1502 orang peserta di Unit Pelayanan Terpadu Puskesmas Pajang Surakarta yang menggunakan kontrasepsi pil, tercatat 132 ibu yang dianggap tidak patuh dalam mengikuti program Keluarga Berencana jenis pil, sehingga mengakibatkan kegagalan pada 42 orang peserta Keluarga Berencana jenis pil yang berupa kehamilan. Tujuan penelitian adalah mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi ketidakpatuhan akseptor Keluarga Berencana jenis kontrasepsi oral dalam menjalankan Keluarga Berencana di Unit Pelayanan Terpadu Puskesmas Pajang Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sifat descriptive correlative. Jumlah sampel penelitian sebanyak 70 subjek, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian berupa kuisioner pengetahuan, sikap dan ketidakpatuhan subjek dalam menjalankan program Keluarga Berencana jenis oral. Analisis data menggunakan uji Chi Square dan uji regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas subjek memiliki pengetahuan cukup, sebanyak 31 subyek (44,3%), mayoritas subyek memiliki sikap buruk sebanyak 37 subjek (52,9%), mayoritas subyek tidak bekerja sebanyak 49 orang (70%). Hasil uji regresi logistik menunjukkan variabel pengetahuan dengan signifikansi 0,003 (p<0,05), status pekerjaan dengan signifikansi 0,006 (p<0,05), dan sikap dengan signifikansi 0,024 (p<0,05), sehingga variabel pengetahuan merupakan variabel paling mempengaruhi subjek dalam ketidakpatuhan menjalankan program Keluarga Berencana jenis oral di UPT Puskesmas Pajang Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak K100/2012-20
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, sikap, status pekerjaan, kontrasepsi oral
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 1508 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2011 10:48
Last Modified: 13 Jul 2012 06:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15006

Actions (login required)

View Item View Item