KRITIK SOSIAL PADA ISU LOKAL (Analisis Wacana Kritis Rubrik Ngenjungak Kolom Budaya Harian Pos Belitung Edisi Januari 2010)

Yulianza, Yulianza (2011) KRITIK SOSIAL PADA ISU LOKAL (Analisis Wacana Kritis Rubrik Ngenjungak Kolom Budaya Harian Pos Belitung Edisi Januari 2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover_-_Abstrak.pdf

Download (241kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)

Abstract

Studi ini menganalisis kritik sosial yang terkandung dalam tulisan-tulisan Ngenjungak di kolom budaya Pos Belitung edisi Januari 2010. Tujuan analisis ini adalah untuk melihat bagaimana suatu kritik disajikan dalam tulisan Ngenjungak edisi Januari 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis wacana kritis model Norman Fairclough dengan pendekatan kualitatif. Objek yang digunakan yaitu Rubrik Ngenjungak di Harian Pos Belitung edisi Januari 2010, sebanyak 5 judul tulisan, yaitu : Bajuk Sapari Kik Gani, Debelit Sare Sampai Ke Tue, Nyemperak Deterepak Sinyal, Sang Pengupi, dan Lubang Kijing. Kritik sosial yang terdapat dalam tulisan dibagi kedalam dua kategori, pertama berupa kritik sosial terhadap politik dan pemerintahan yang meliputi masalah pembangunan yang belum merata (listrik di Selat Nasik), masalah politik (politik habis-habisan dalam kampanye), peradilan dan mafia kasus (kasus Century yang belum tuntas), masalah BBM. Kedua, kritik sosial terhadap masalah sosial dan budaya masyarakat, meliputi masalah kehidupan anak muda yang sulit diatur, masalah penggunaan handphone tidak pada tempatnya yang mengakibatkan kerugian, masalah masyarakat yang saat ini kurang untuk beribadah di masjid, namun lebih mudah untuk datang ke tempat hiburan. Kemudian masalah kawin cerai, dan masalah masyarakat yang banyak membicarakan orang lain di warung kopi. Dari kritik-kritik yang disajikan, hampir semua tulisan memuat kritik sosial, baik terhadap pemerintah maupun terhadap masyarakat. Untuk edisi Januari 2010, kritik sosial terhadap politik dan pemerintahan terdapat pada 4 dari 5 judul tulisan. Sedangkan kritik sosial terhadap masalah sosial budaya terdapat di semua judul.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK L100/2011-002
Uncontrolled Keywords: Kritik sosial, Analisis wacana kritis, Ngenjungak
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Oct 2011 10:12
Last Modified: 05 Nov 2011 04:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15000

Actions (login required)

View Item View Item