PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENGALAMAN KERJA DAN KECAKAPAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. PABELAN SURAKARTA

PRASETYA, ANANG INDRA (2008) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENGALAMAN KERJA DAN KECAKAPAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. PABELAN SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100020527.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh secara parsial tingkat pendidikan, pengalaman kerja dan kecakapan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan, 2) Untuk mengetahui pengaruh secara serempak tingkat pendidikan, pengalaman kerja dan kecakapan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan, 3) Untuk mengetahui pengaruh paling dominan dari ketiga variabel tersebut (tingkat pendidikan, pengalaman kerja dan kecakapan kerja) terhadap produktivitas kerja karyawan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: 1) Diduga ada pengaruh secara parsial pendidikan, pengalaman kerja dan kecakapan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan, 2) Diduga ada pengaruh secara serempak pendidikan, pengalaman kerja dan kecakapan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan, 3) Diduga variabel pengalaman kerja mempunyai pengaruh paling dominan terhadap produktivitas kerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Pabelan Surakarta bagian produksi yang jumlahnya 110 orang. Berdasarkan rumus jumlah sampel sebanyak 50 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara random sampling (acak). Metode analisis yang digunakan adalah: uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi multiple, uji t, uji F, dan Koefisien Determinasi. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa : 1) Hasil analisis regresi dapat diketahui persamaannya bahwa: Y = 2,436 + 0,311X1 + 0,246X2 + 0,152X3, artinya bahwa variabel pendidikan, kepengalamanan, dan ketrampilan mempunyai pengaruh yang positif terhadap produktivitas kerja karyawan PT. Pabelan Surakarta, 2) Hasil analisis uji t, didapatkan nilai thitung untuk pendidikan sebesar 2,275 > ttabel (2,013), variabel kepengalamanan didapatkan thitung (2,500) > ttabel (2,013), dan variabel kecakapan kerja didapatkan thitung (2,123) > ttabel (2,013), artinya semakin tinggi dan baik pendidikan, pengalaman dan kecakapan kerjanya maka semakin baik dan tinggi pula produktivitas kerja karyawan tersebut. Variabel pengalaman kerja merupakan faktor yang lebih dominan. Hasil uji t tersebut membuktikan bahwa hipotesis kedua (Ha2) terbukti kebenarannya, 3) Uji F diperoleh Fhitung > Ftabel ; 27,263 > 2,840 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan variabel pendidikan, kepengalamanan dan kecakapan kerja terhadap variabel prestasi kerja pegawai secara simultan. Berarti hipotesis pertama (Ha1) terbukti kebenarannya, 4) Analisis koefisien determinasi diperoleh angka koefisien determinasi atau R2 sebesar 0 sebesar 0,640, artinya bahwa 63,00% variasi variabel prestasi kerja dapat dijelaskan oleh variasi variabel pendidikan, kepengalamanan dan kecakapan kerja sedangkan sisanya yaitu 36,00%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Pengalaman Kerja, Kecakapan Kerja, Produktivitas Kerja.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 22 May 2009 08:23
Last Modified: 28 Dec 2010 09:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1500

Actions (login required)

View Item View Item