PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENANGGULANGI KRISIS (Studi Kasus Pada Public Relations Soloradio FM Pasca Pemutaran Lagu Genjer- Genjer)

SANTOSO, RAHMAT DAVID PRIYO (2011) PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENANGGULANGI KRISIS (Studi Kasus Pada Public Relations Soloradio FM Pasca Pemutaran Lagu Genjer- Genjer). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (281kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Peran PR sangat berpengaruh terhadap masa depan perusahaan dalam hal menjaga hubungan yang baik dengan publiknya. PR berperan penting dalam keterlibatannya menanggulangi krisis yang terjadi di perusahaan. Soloradio FM salah satu perusahaan radio komersial di Solo. Kasus di Soloradio FM berawal dari pemutaran lagu Genjer-genjer yang kemudian secara tidak terduga mendapat protes dari publik sangat mempengaruhi manajemen Soloradio FM, krisis ini harus segera ditanggulangi agar tidak terjadi hal yang semakin buruk. Langkah-langkah PR Soloradio FM dalam menanggulangi krisis Soloradio FM pasca pemutaran lagu Genjer-genjer yaitu: mengambil alih kendali situasi, mengumpulkan informasi sebanyak mungkin, menentukan sebuah pusat manajemen krisis terpusat, berkomunikasi awal dan sering, pahami misi media di dalam sebuah krisis, berkomunikasi langsung dengan konstituen dengan yang terkena dampak, mengingat bisnis lain tetap berlanjut dan rencana menghindari krisis lain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif kualitatif. Subjek Penelitian (untuk kualitatif) dari berbagai sumber informasi yang diperoleh sebagai data penelitian, yang bisa berupa informan, dokumen, manuskrip, film, dokumen, atau aktivitas. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Teknik pengolahan data menggunakan data coding yang merujuk pada fieldnote (catatan lapangan). Analisis data menggunakan analisis Paul A Argenti. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini PR berperan sebagai sarana komunikasi yang menghubungkan antara perusahaan dengan publik, pelaksana komunikasi yang menyampaikan berbagai kebijakan dan sebagai fasilitator dalam memecahkan masalah-masalah yang berhubungan dengan publik untuk mencapai tujuan perusahaan.Namun, PR Soloradio FM dalam menjalankan langkah-langkahnya, mempunyai kelemahan yaitu kurangnya media relasi dengan perusahaan lain. Akan tetapi dengan peran PR dan kerjasama dengan manajemen dalam menanggulangi krisis di Soloradio FM pasca pemutaran lagu Genjer-genjer dapat ditangani dengan baik

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK L100/2011-005
Uncontrolled Keywords: Manajemen krisis, Deskriptif kualitatif, Soloradio FM, Public Relations.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Oct 2011 09:43
Last Modified: 05 Nov 2011 03:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14997

Actions (login required)

View Item View Item