OPTIMASI TABLET HISAP EKSTRAK ETANOLIK DAUN JATI BELANDA (Guazuma ulmifolia Lamk.) DENGAN KOMBINASI MANITOL DAN GELATIN MENGGUNAKAN METODE FACTORIAL DESIGN

WULANDARI, RETNO (2011) OPTIMASI TABLET HISAP EKSTRAK ETANOLIK DAUN JATI BELANDA (Guazuma ulmifolia Lamk.) DENGAN KOMBINASI MANITOL DAN GELATIN MENGGUNAKAN METODE FACTORIAL DESIGN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (238kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf

Download (176kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Daun jati belanda (Guazuma ulmifolia Lamk.) berkhasiat sebagai penurun berat badan, senyawa yang berperan adalah tannin dan flavonoid. Dalam penelitian ini ekstrak daun jati belanda dibuat tablet hisap dengan manitol sebagai bahan pengisi dan gelatin sebagai bahan pengikat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi manitol dan gelatin terhadap sifat fisik tablet hisap serta mengetahui perbandingan kombinasi manitol dan gelatin yang menghasilkan sediaan tablet hisap optimum ditinjau dari sifat fisiknya. Tablet hisap ekstrak daun jati belanda dibuat menjadi 4 formula dengan variasi konsentrasi manitol dan gelatin berbanding sebagai berikut: (34,8:3), (52,2:3), (34,8:6) dan (52,2:6)%. Campuran serbuk diuji sifat fisik meliputi: kecepatan alir, sudut diam dan pengetapan setelah itu campuran serbuk dibuat tablet dan diuji sifat fisik tablet meliputi: keseragaman bobot, kekerasan, kerapuhan, waktu larut dan tanggapan rasa. Data dianalisis menggunakan metode factorial design dan didapatkan titik optimum pada contour plot superimposed. Berdasarkan titik optimum didapatkan formula optimum untuk diverifikasi. Validitas hasil verifikasi dengan hasil prediksi berdasarkan metode factorial design diuji statistik dengan menggunakan uji one sample t-Test dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara manitol dan gelatin, yaitu interaksi kedua faktor mampu meningkatkan kekerasan, keseragaman bobot dan respon rasa tablet, serta menurunkan kecepatan alir, sudut diam, indeks pengetapan, kerapuhan dan waktu larut. Pada daerah optimum yang ditunjukkan salah satu titik dengan perbandingan manitol 1154,03 mg dan gelatin 135,79 mg.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Optimasi, tablet hisap, jati belanda
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 06 Oct 2011 02:43
Last Modified: 06 Oct 2011 02:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14991

Actions (login required)

View Item View Item