AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL BIJI APOKAT (Persea americana) TERHADAP Streptococcus mutans DAN Proteus mirabilis SERTA BIOAUTOGRAFINYA

ASTUTI, DIAN ANGGRAHENI DWI (2011) AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL BIJI APOKAT (Persea americana) TERHADAP Streptococcus mutans DAN Proteus mirabilis SERTA BIOAUTOGRAFINYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (732kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img]
Preview
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penyakit infeksi dapat disebabkan oleh bakteri Proteus mirabilis dan Streptococcus mutans. Tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai antibakteri adalah apokat (Persea americana). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas antibakteri ekstrak etanol biji apokat (Persea americana) terhadap S. mutans dan P. mirabilis serta untuk menentukan golongan senyawa yang mempunyai aktivitas antibakteri. Penelitian ini diawali dengan melakukan orientasi penyari. Penyari yang digunakan adalah etanol 50%, 70%, dan 96%. Berdasarkan pertimbangan jumlah rendemen dan aktivitas antibakteri terhadap bakteri uji (difusi sumuran) dipilih etanol 70% sebagai penyari. Ekstraksi dilakukan secara maserasi dengan etanol 70%. Ekstrak yang dihasilkan digunakan untuk uji antibakteri (difusi Kirby Bauer) terhadap bakteri S. mutans pada konsentrasi ekstrak 100 mg/mL, 200 mg/mL, dan 300 mg/mL serta pada bakteri P. mirabilis pada konsentrasi ekstrak 400 mg/mL, 500 mg/mL, dan 600 mg/mL. Selanjutnya dilakukan KLT untuk mengetahui senyawa yang terkandung dalam ekstrak etanol 70% biji apokat dengan fase gerak kloroform:n-heksan (8:2) dan fase diam silika GF 254 nm. Bioautografi untuk menentukan senyawa yang bertanggung jawab terhadap aktivitas antibakteri dari bakteri uji dengan menggunakan metode bioautografi kontak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diameter zona hambat ekstrak etanol 70% biji apokat terhadap S. mutans pada konsentrasi 100 mg/mL, 200 mg/mL, 300 mg/mL berturut-turut adalah 7,83 mm; 9,16 mm; 10,3 mm dan pada P. mirabilis tidak menghasilkan diameter zona hambat. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin besar konsentrasi ekstrak maka besar diameter zona hambatnya. Pada konsentrasi ekstrak etanol 70% biji apokat 100 mg/mL dan 200 mg/mL bersifat resisten terhadap S. mutans dan pada konsentrasi 300 mg/mL bersifat intermediet terhadap S. mutans. Hasil KLT menunjukkan dalam ekstrak etanol 70% biji apokat mengandung senyawa flavonoid fenolik, saponin dan flavonoid non fenolik. Senyawa yang bertanggung jawab terhadap aktivitas antibakteri pada S. mutans adalah senyawa flavonoid non fenolik dan saponin.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: apokat (Persea americana), bioautografi, Streptococcus mutans, Proteus mirabilis, KLT.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 06 Oct 2011 02:29
Last Modified: 06 Oct 2011 02:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14989

Actions (login required)

View Item View Item