KAJIAN KETEPATAN PEMILIHAN OBAT PADA PASIEN DIABETES MELLITUS GERIATRI DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN 2009

ARDIANA, TIARA SANI (2011) KAJIAN KETEPATAN PEMILIHAN OBAT PADA PASIEN DIABETES MELLITUS GERIATRI DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
COVER_-_ABSTRAK.pdf

Download (157kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
BAB_I.pdf

Download (156kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (pernyataan)
Surat_Pernyataan_Publikasi_Karya_Ilmiah.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (bab.2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (bab.3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (bab.4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)

Abstract

Pada umumnya orang lanjut usia mengalami kemunduran dalam sistem fisiologisnya dan penurunan fungsi berbagai organ termasuk apa yang terjadi terhadap homeostatis glukosa, sehingga penyakit degeneratif seperti DM akan lebih mudah terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya ketepatan pemilihan obat pada pasien diabetes melitus geriatri di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta tahun 2009. Penelitian ini merupakan jenis penelitian non eksperimental dengan rancangan analisa secara deskriptif. Tahap pertama adalah tahap penulusuran dan pengumpulan data secara retrospektif. Data diperoleh dari bagian rekam medik untuk pasien diabetes mellitus geriatri di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta tahun 2009 berjumlah 33 pasien. Data yang diambil berdasarkan sesuai dengan kriteria inklusi yaitu pasien yang didiagnosa menderita penyakit diabetes mellitus dengan atau tanpa penyakit penyerta, pasien dengan usia ≥ 60 tahun, pasien rawat inap di Rumah Sakit PKU Muhamadiyah Surakarta tahun 2009 dan data lengkap pasien yaitu diagnosa penyakit, usia, jenis kelamin, keluhan pasien, dan riwayat penyakit lain. Tahap kedua adalah tahap pengolahan data tentang pasien dan pengobatannya. Data pasien diolah dalam bentuk tabel dan persentase untuk mengetahui angka kejadian ketepatan pemilihan obat. Hasil penelitian menunjukkan pada 33 pasien diabetes mellitus geriatri di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta tahun 2009 terdapat obat yang aman dengan persentase 84,84%, obat yang efektif dengan persentase 78,78% dan kombinasi obat yang tepat dengan persentase 6,06%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Diabetes mellitus, geriatri, ketepatan pemilihan obat, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 05 Oct 2011 11:29
Last Modified: 05 Oct 2011 11:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14984

Actions (login required)

View Item View Item