AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL BIJI APOKAT AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL BIJI (Persea americana) TERHADAP Propionibacterium acne DAN APOKAT (Persea americana) TERHADAP Propionibacterium Shigella dysenteriae SERTA BIOAUTOGRAFINYA acne DAN Shigella dysenteriae SERTA BIOAUTOGRAFINYA

WIBAWATI, KHUSNUL KHOTIMAH (2011) AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL BIJI APOKAT AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL BIJI (Persea americana) TERHADAP Propionibacterium acne DAN APOKAT (Persea americana) TERHADAP Propionibacterium Shigella dysenteriae SERTA BIOAUTOGRAFINYA acne DAN Shigella dysenteriae SERTA BIOAUTOGRAFINYA. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (324kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I_KHUSNUL.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_KHUSNUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_KHUSNUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_KHUSNUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_KHUSNUL.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_KHUSNUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)

Abstract

Penyakit infeksi dapat disebabkan oleh bakteri Propionibacterium acne dan Shigella dysenteriae. Salah satu tanaman yang mempunyai khasiat antibakteri adalah biji apokat (Persea americana). Beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa senyawa yang terkandung dalam biji apokat mempunyai aktivitas antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antibakteri ekstrak etanol biji apokat terhadap P. acne dan S. dysenteriae serta bioautografinya. Penelitian ini didahului dengan optimasi penyari etanol 50%, 70%, dan 96%. Ekstrak etanol 70% yang diperoleh dengan metode maserasi digunakan untuk menguji aktivitas antibakteri terhadap P. acne dengan konsentrasi 400 mg/mL, 500 mg/mL, dan 600 mg/Ml, serta S. dysenteriae dengan konsentrasi 100 mg/mL, 200 mg/mL, dan 300 mg/mL. Selanjutnya dilakukan Kromatografi Lapis Tipis untuk mengetahui kandungan senyawa dari ekstrak etanol biji apokat dengan fase diam silika GF254 dan fase gerak Kloroform:n-Heksan (8:2). Bioautografi langsung dilakukan untuk mengetahui senyawa dalam ekstrak yang bertanggung jawab terhadap kematian bakteri uji. Hasil penelitian menunjukkan ekstrak etanol biji apokat terhadap P. acne menunjukkan diameter zona hambat pada konsentrasi 400 mg/mL, 500 mg/mL, dan 600 mg/mL sebesar 10,0 mm, 10,4 mm, dan 10,8 mm. Pada bakteri S. dysenteriae ekstrak etanol biji apokat menunjukkan diameter zona hambat pada konsentrasi 100 mg/mL, 200 mg/mL, dan 300 mg/mL sebesar 8,5 mm, 9,2 mm, dan 9,9 mm. Hasil KLT menunjukkan bahwa ekstrak etanol biji apokat mengandung senyawa golongan saponin, flavonoid dan fenolik. Hasil bioautografi menunjukkan bahwa senyawa yang memiliki aktivitas antibakteri pada P. acne dan S. dysenteriae merupakan senyawa saponin dan flavonoid non fenolik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Apokat (Persea americana), Propionibacterium acne, Shigella dysenteriae, antibakteri.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 05 Oct 2011 10:59
Last Modified: 05 Oct 2011 10:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14981

Actions (login required)

View Item View Item