EVALUASI PENGGUNAAN OBAT PADA ANAK YANG MENDERITA DIARE AKUT DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SUKOHARJO TAHUN 2009

PRATIWI, DINA AGUSTIN (2011) EVALUASI PENGGUNAAN OBAT PADA ANAK YANG MENDERITA DIARE AKUT DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SUKOHARJO TAHUN 2009. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (428kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
3._Bab_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
4._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab III)
5._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._Daftar_Pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)

Abstract

Penyakit diare akut merupakan masalah kesehatan yang sering ditemukan dan termasuk masalah kesehatan masyarakat yang perlu segera diatasi sebelum komplikasi dan akibat buruk lainnya. Tujuan penelitian untuk mengevaluasi penggunaan obat pada anak yang menderita diare akut dengan parameter tepat indikasi, tepat obat, tepat pasien dan tepat dosis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien anak penderita diare. Sampel penelitian adalah pasien diare akut anak yang menjalani rawat inap. Penelitian ini dikerjakan dengan mengikuti rancangan deskriptif non eksperimental untuk mengetahui evaluasi penggunaan obat diare berdasarkan aspek tepat indikasi, tepat obat, tepat pasien, dan tepat obat. Angka kejadian diare akut anak di RSUD Sukoharjo ada 282 kasus, menempati peringkat pertama penyakit anak tahun 2009. Dari rekam medik peneliti diberi 100 kasus diare akut anak usia 0-12 tahun, tetapi hanya 97 kasus yang digunakan karena yang 3 kasus berdiagnosa keluar febris. Berdasarkan hasil penelitian yang dinyatakan tepat indikasi ada 75 kasus (77,3%), tepat obat 47 kasus (62,7 %), tepat dosis 72 kasus (96%), dan 44 kasus (58,7%) tepat pasien. Sedangkan penggunaan antibiotik yang dinyatakan tepat indikasi 17,5%, tepat obat 88,2%, tepat pasien 0% dan tepat dosis 17,6%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Diare akut, Evaluasi penggunaan obat, Rumah Sakit Umum Daerah Sukoharjo
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 05 Oct 2011 09:36
Last Modified: 05 Oct 2011 09:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14952

Actions (login required)

View Item View Item